“Kopi Silurah”, Harum dan Sedapnya Kopi Buatan Tangan Dari Pelosok Batang

Dibaca 218 Kali
Kopi Silurah
Laporan Ratna Antika, Portal Batang

PORTALBATANG.COM, Kuliner – Di daerah bagian selatan pusat kota Batang terutama di wilayah dataran tinggi merupakan daerah yang banyak terdapat perkebunan berupa perkebunan teh dan kopi. Salah satunya berada di Desa Silurah Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang.

Mayoritas penduduk desa Silurah merupakan petani perkebunan teh namun saat ini mulai dikembangkan home industri kopi silurah.

Kopi silurah merupakan hasil pengembangan dari penduduk desa Silurah terutama para pemuda yang didukung oleh Komunitas Batang Heritage.

Kopi Silurah
Warga setempat kumpul – kumpul malam meminum teh dan Kopi Silurah (RatnaAntika/PortalBatang)

Kopi silurah memproduksi dua jenis kopi yaitu kopi Robusta dan Arabica yang diproduksi masih dalam skala kecil yang berasal dari perkebunan kopi asli desa Silurah.

Kopi Silurah diproduksi dari biji asli perkebunan kopi desa Silurah tanpa campuran apapun. Untuk terkait masalah produksi pemuda desa Silurah masih terkendala peralatan untuk mengolah biji kopi namun sudah ada sedikit bantuan dari dana desa berupa mesin pengolahan kopi.

Kopi Silurah sudah mulai dipasarkan melalui warung-warung hingga melalui online yang sudah merebak ke kota Jakarta, Semarang, Bandung dan lain-lain.

Kopi Silurah
Kopi Silurah.

“Masalah utama dalam produksi kopi Silurah ini adalah belum jatuhnya masa panen kopi jadi sulitnya mendapat bahan baku pembuatan kopi untuk pemilihan biji kopi terbaik”, tandas Amir ketua penggerak pemuda Silurah.

BACA JUGA  Rahasia Bakso Doa Ibu Semarang, Harga Tergolong Mahal Tapi Tak Pernah Sepi Pengunjung

Kopi Silurah dihargai Rp.8000 untuk Robusta kualitas standar per 100 gram dan Rp.25000 rupiah untuk Arabica Premium per 200 gram.

Namun hingga kami melakukan penulusuran hingga saat ini setiap hari melakukan produksi kopi namun masih dalam skala kecil.

Harapan pemuda desa Silurah ke depannya kopi Silurah bisa menjadi komoditi kopi andalan dalam skala nasional dan bisa menambah pendapatan tambahan bagi pemuda setempat. (*)

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar