Inilah 10 Gejala Serangan Jantung di Usia Muda

Dibaca 459 Kali
Gejala Serangan Jantung di Usia Muda
Gejala Serangan Jantung di Usia Muda

SEHAT – Gejala Serangan Jantung di Usia muda memang sangat tidak mudah dikenali. Banyak orang di usia muda terkena serangan jantung di usianya yang masih muda. Nah, kali ini PORTAL BATANG akan sedikit membagikan Gejala Serangan Jantung di Usia Muda.

10 Gejala Serangan Jantung di Usia Muda

Nyeri di Sekitar Dada

Charles mengungkapkan bahwa salah satu gejala utama dari adanya risiko serangan jantung adalah adanya rasa nyeri di sekitar dada. Tak hanya nyeri, dada juga sering kali terasa tidak nyaman, sesak dan seperti ada tekanan. Jika kamu merasakan hal ini, disarankan agar kamu segera memeriksakan diri ke dokter.

Mual, Mulas dan Gangguan Pencernaan

Gejala kedua dari adanya risiko serangan jantung di usia muda adalah seringnya kamu mengalami mual, mulas dan gangguan pencernaan. Charles juga menyatakan bahwa mual yang dibarengi dengan muntah adalah salah satu gejala umum dari risiko serangan jantung.

Ketika kamu mengalami mual, mulas, muntah atau gangguan pencernaan padahal tidak ada yang salah dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi, kemungkinan besar hal ini adalah gejala dari serangan jantung.

BACA JUGA  Cewe Sering Cukur Bulu Wajah? Hati-hati ! Ini Dampaknya...

Nyeri di Lengan atau Tubuh Bagian Kiri

Untuk gejala selanjutnya adalah rasa nyeri di lengan bagian kiri atau tubuh bagian kiri. Nyeri ini biasanya juga dibarengi dengan asam urat yang berkepanjangan dan gampang lelah padahal sedang tak melakukan pekerjaan berat.

Menurut Charles, hampir semua pasien serangan jantung pernah mengeluhkan tubuh bagian kiri akan mudah merasa lelah dan nyeri.

Pusing

Pusing atau sakit kepala sering terjadi karena banyak hal. Beberapa hal tersebut adalah karena lapar, dehidrasi, tekanan darah rendah, kaget (shock), berdiri dengan sangat cepat setelah duduk atau karena kelelahan.

Tapi, jika kamu merasa pusing tanpa penyebab yang jelas dan hal ini sering terjadi, bisa jadi ini adalah salah satu gejala dari serangan jantung.

BACA JUGA  Penyakit Anemia Aplastik, Penyakit Perusak Sumsum Tulang

Sakit Tenggorokan

Biasanya, sakit tenggorokan akan terjadi karena pengaruh gorengan, radang tenggorokan atau adanya risiko sinus juga flu. Tapi, jika kamu merasakan sakit tenggorokan yang dibarengi dengan rasa sesak di dada dan nyeri di dada, pastikan untuk segera memeriksakan kondisi kamu di klinik atau dokter terdekat.

Charles mengungkapkan bahwa sakit tenggorokan yang dibarengi dengan sesak nafas, nyeri dada juga kesulitan menelan adalah salah satu gejala dari risiko serangan jantung di segala usia.

Lelah Berlebihan

Hampir semua penyakit berbahaya juga mematikan memiliki gejala tubuh mengalami kelelahan yang berlebihan. Vincent Bufalino, MD, seorang juru bicara American Heart Assosiation mengatakan,

“Rasa lelah dan letih yang berlebihan serta terjadi berhari-hari adalah salah satu gejala dari risiko serangan jantung atau penyakit mematikan lainnya. Apalagi, jika lelah berlebihan ini terjadi saat tubuh tak melakukan gerak atau pekerjaan yang tak terlalu melelahkan.”

BACA JUGA  5 Manfaat Pohon Ciplukan Untuk Obat Herbal yang Harus Anda Ketahui

Mendengkur

Mungkin, kita akan berpikir bahwa mendengkur merupakan suatu hal yang normal dan baik-baik saja. Tapi jangan salah, mendengkur bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang tidak fit.

Mendengkur juga bisa menjadi salah satu gejala dari adanya risiko serangan jantung. Tak hanya pada orang tua, mendengkur yang menjadi gejala risiko serangan jantung juga berlaku pada orang-orang yang masih muda.

Keluar Keringat Dingin Berlebih

Umumnya, orang-orang yang menderita risiko serangan jantung akan mengeluarkan keringat dingin berlebih. Biasanya, keringat dingin ini akan keluar kapan pun dan dimana pun tanpa alasan yang jelas. Kalau kamu mengalami hal ini, pastikan untuk memeriksakan kondisi kamu di klinik atau rumah sakit terdekat.

Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh

Gejala jantung buat orang usia muda selanjutnya adalah batuk yang telah berlangsung lama dan ta kunjung sembuh. Para ahli kesehatan jantung menyebutkan bahwa batuk yang merupakan risiko adanya serangan jantung biasanya dibarengi dengan keluarnya noda darah atau lendir putih yang tak seperti batuk pada umumnya.

Bengkak Pada Kaki

Untuk gejala serangan jantung terakhir adalah kaki mengalami bengkak. Ketika jantung tak bisa memompa darah secara efektif seperti biasanya, hal ini akan menyebabkan pergelangan kaki bengkak. Jika kamu mengalami hal ini, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat dan cari tahu lebih jelas mengenai kondisi kesehatan kamu. (*)

Penulis : Sylvia Liliana Agustina
Editor : Novita Dwi Rizky

 

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar