Minat Baca Kurang, PERPUS Kabupaten Batang Gelar Pameran Buku Selama Seminggu

Dibaca 546 Kali
Pameran Buku Batang 2017
Pameran Buku Batang 2017

PORTALBATANG.COM, Batang – Melihat minimnya budaya membaca buku dimasyarakat, Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Batang menyelenggarakan pameran buku batang 2017 pada 1-7 Agustus 2017 di Gedung Wanita Batang.

Acara ini diselenggrakan sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Perkembangan teknologi menjadi salah satu alasan minimnya minat membaca buku di masyarakat. saat ini masyarakat lebih suka membaca social media (SOSMED) dari pada membaca buku.

Saat membuaka pameran Kepala Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah, Muhammad masrofi digedung wanita Batang, selasa (1/8/2017).

Ia menungkapkan keprihatinannya terkait minimnya tingkat baca di masyarakat. keprihatinan tersebut ditambah hasil survei minat baca Indonesia yang masuk peringkat 61 dari total surevei 67 negara.

“minat baca masyarakat saat ini masih sangat rendah, dari survey minat baca dengan total 67 negara, Indonesia masuk pada peringkat 61” ungkap masrofi.

Kebiasaan menjadi kunci untuk meningkatkan diri dalam memebaca, karena tantangan terbesar membaca yakni rasa malas. Hal ini diungkapkan oleh wihaji bupati batang yang juga hadir dalam pembukaan pameran buku batang.

BACA JUGA  MIRIS, Hutan Kota Rajawali Batang Kini Jadi Tempat Pesta Miras Gratis

Ia mengungkapkan bahwa kemalasan menjadi alasan terbesar minimnya tingkat membaca. Salah satu caranya bisa dengan sedikit paksaan seperti program wajib baca SMPN 3 Batang.

“Regulasi yang memaksa terkada dibutuhkan untuk membangun tradisi yang baik seperti program wajib baca SMPN 3 Batang. apalagi problem kita penyakit malas”. jelasnya.

Perkembangan teknologi bisa menjadi peluang besa yang bisa dimanfaatkan. Dengan sentuhan inovasi dan kreativitas akan sangat bermanfaat. Misalnya dengan teknologi bisa mempermudah akses buku dan referensi baca.

“teknologi informasi harus dimanfaatkan, seingga  minat baca buku sebaik membaca konten medsos. Buat aplikasi elektronik yang bisa memudahkan akses bahan bacaan melalui gadget.” Tutupnya. (AF/PORTALBATANG)

Editor : Novika Dwi Rizky

 

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar