oleh

4 DPD KPK YEL RI Resmi Dikukuhkan Untuk Kawal Kemajuan Daerah

-BATANG, DAERAH-Dibaca 666 Kali

PORTALBATANG.COM, PAGILARAN – Kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Komite  Pemantau Kinerja Yudisial, Eksekutif legeslatif Republik Indonesia ( LKPK YEL RI) di empat kabupaten/kota, yakni Pemalang, Kabupaten dan Kota Pekalongan, serta Batang secara resmi dikukuhkan, Jumat (11/11). Lembaga ini diharapkan mampu memainkan perannya dalam mengawal kinerja pemerintah demi percepatan kemajuan daerah.

Prosesi pengukuhan sendiri dilangsungkan secara sederhana di Agrowisata Pagilaran, Selopajang Timur, Batang. Empat kepengurusan, yakni DPD Batang yang diketuai Wahyani, DPC Pemalang Slamet Riasih, Kota Pekalongan Cipto Susanto B Sc, dan DPC Kabupaten Pekalongan Duratno Wibowo berkesempatan dilantik langsung oleh Ketua DPP KPK YEL RI, Prabu Umbu.

“Kita hidup di era keterbukaan, sehingga kinerja penyelenggara pemerintah tidak hanya wajib memenuhi prinsip transparansi dan akuntabilitas. Lebih dari itu, kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam mengontrol kebijakan juga meningkat,” ungkap Ketua DPW KPK YEL RI Jawa Tengah, Sukardi.

Karena itu, semua abdi negara dituntut memperkuat kualitas kinerja. Menurut dia, KPK YEL RI adalah lembaga nirlaba yang akan mengawal kinerja pengelolaan pemerintah melalui fungsi kontrol. Lembaga itu memuat unsur keanggotaan dari PNS, unsur profesi seperti wartawan, guru, hingga aparatur pemerintah desa.

“Fungsi ceck and balancing ini penting sebagai bagian dari prinsip berdemokrasi. Kontrol dan pengawasan yang kami lakukan harus dipahami dalam tujuan yang sama, yakni demi terwujudnya pembangunan yang tapat sasaran dan manfaat, sehingga bermuara pada meningkatnya kualitas kesejahteraan. Ini eranya transparansi, mustahil menghindar dari pengawasan publik,” terang Sukardi.

Ketua DPD Kabupaten Pekalongan, Duratno Wibowo, menambahkan, dalam hal mengelola pemerintahan, Indonesia perlu belajar dari negara maju. Faktanya, semakin kuat pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara, maka pembangunan menjadi kian optimal hasilnya.

BACA JUGA  LUAR BIASA !! PEMKAB BATANG Gelontorkan 6 MILIAR Untuk Interior Pasar Batang Baru

“Pun dengan keberadaan KPK YEL RI, melalui perannya lembaga ini akan sama-sama mengawal kemajuan pembangunan daerah agar semakin baik. Menguatnya peran lembaga ini diharapkan berbanding lurus terhadap meningkatnya kualitas pembangunan, termasuk di Kabupaten Pekalongan,

Ketua DPP KPK YEL RI, Prabu Umbu, dalam arahannya menekankan pentingnya para aparatur pemerintah meneguhkan kembali ketaatannya pada Pancasila dan UUD 1945 serta setia pada bangsa dan negara. Komitmen itu perlu diaktualisasikan dalam sikap mental yang jujur, bijak, serta berkesadaran tinggi untuk meleyani kepentingan publik.
“Untuk memastikan berjalannya prinsip-prinsip tersebut, maka peran serta kontrol sosial untuk mengawal kebijakan pembangunan di daerah adalah tepat dan penting. Menguatnya kontrol paling tidak akan meminimalisir potensi penyimpangan yang bisa merugikan masyarakat,” pesannya.

Meski sederhana, prosesi pengukuhan berjalan penuh keguyuban. Interaksi pengurus dan anggota juga berlangsung dengan hangat. Meski tak menghadirkan pejabat pemerintahan, nyatanya kegiatan bisa berlangsung dengan sukses. (*)

(AkhmadSaefuddin/RADAR/PORTALBATANG)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed