oleh

BREAKING NEWS : Ruang Kenanga RSUD Batang Terbakar !

-BATANG-Dibaca 1.379 Kali

PORTALBATANG.COM, Batang – Kebakaran terjadi di Ruang Kenanga lantai II RSUD Kabupaten Batang, Rabu (16/11). Api dipicu dari precikan api akibat adanya konsleting listrik di area kamar 5 ruangan tersebut.

Tim pemadam kebakaran internal dari tim Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung mencoba untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil, sedangkan perawat dan korban yang terjebak di lantai 2 mengalami sesak nafas serta pingsan.

Kebakaran RSUD Batang

Beruntung selang tak lama kemudian petugas dari Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Kabupaten Batang yang mendapat laporan adanya kebakaran tiba di lokasi kejadian. Petugas kemudian mengevakuasi korban yang terjebak di lantai 2 menggunakan tangga dari luar ruang gedung RSUD yang terbakar. Selanjutnya seluruh korban dan tim Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung (MKKG) dari pihak rumah sakit keluar dan berkumpul dititik yang aman.

Sekitar satu jam kemudian atau sekira pukul 12.00 WIB, api berhasil di padamkan. Petugaspun segera melakukan pemeriksaan jumlah pasien dan petugas rumah sakit yang dievakusi, sedangkan untuk korban kebakaran yang membutuhkan perawatan lebih lanjut langsung dibawa ke IGD.

Kejadian kebakaran di RSUD tersebut hanya latihan atau simulasi singkat, tujuanya untuk memberikan pelatihan kepada pihak RSUD apabila terjadi kebakaran.

Direktur Rumah Sakit dr Junedi Wibawa melalui Sekertarisnya Sumino, mengatakan kegitan tersebut merupakan latihan atau simulasi penanganan apabila terjadi kebakaran di RSUD. Kegiatan itu sendiri melibatkan petugas gabungan dari berbagaai unsur,  seperti Damkar, kepolisian, serta dokter dan perawat di RSUd sebanyak 130 orang.

“Kami berharap dengan simulai ini petugas selalu siap, dan sigap apabila terjadi kebakaran atau bencaanaa lainya. Mengingat kedepan sudah menjadi tuntutan masyarakat adanya kesiapan dalam penanganan ketika terjadi kebakaran, sehingga Manajemen Keselematan Kebakaran Gedung bisa melakukan penanganan dini terlebih dahulu sebelum petugas tiba dilokasi,” jelasnya.

BACA JUGA  DIGUYUR MILYARAN RUPIAH, THR Kramat Batang Dipoles Kembali

Selain itu simulasi kebakaran, untuk kesiapaan dan kesigapan, tim MKKG juga sebagai penunjang untuk memperoleh Akreditasi Rumah Sakit. “Dan dalam Latihan Tanggap Darurat Penghuni Gedung ini sudah dilakukan dua kali. Kedepan akan dilakukan secara rutin,” tandas Sumino. (*)

(Radar/Portalbatang)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed