oleh

KPU Batang Umumkan Salinan DPS Pilkada 2017

-BATANG, POLITIK-Dibaca 359 Kali

PORTALBATANG.COM, BATANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Batang akan mengumumkan Salinan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Jumlah pemilih yang tercatat sebanyak 603.365 orang, dengan rincian laki-laki 300.347 dan perempuan 303.018.

“Para pemilih tersebut tersebar di 1.388 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 248 Desa/Kelurahan dan 15 Kecamatan. Dan daftar salinan itu akan diumumkan oleh tiap PPS,” ujar Divisi Perencanaan dan Data Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Nur Taufan.

Nur Taufan menjelaskan, PPS di masing-masing Desa/kelurahan akan menempelkan Hard Copy Salinan DPS di papan pengumuman yang ada di tiap kantor atau balai desa di Kantor Sekretariat RT/RW atau tempat strategis lainnya di lingkungan pemilih di masing-masing TPS. Mulai 10-19 November, pemilih atau anggota keluarga atau pihak yang berkepentingan diharapkan mengecek nama dan atau identitas lainnya pada Salinan DPS tersebut.

“Nantinya apabila ada kesalahan atau perubahan, maka usul perbaikan mengenai penulisan nama atau identitas lainnya, bisa disampaikan kepada PPS di desa dan kelurahan setempat,” jelas Taufan.

Selain itu, lanjut dia, pemilih atau anggota keluarga atau pihak yang berkepentingan, dapat pula memberikan usulan perbaikan berkaitan dengan informasi tentang pemilih. Meliputi pemilih telah memenuhi syarat tetapi belum terdaftar dalam DPS, belum berusia 17 tahun tetapisudah/pernah kawin, pemilih sudah pensiun dari TNI/POLRI. Selain itu, juga pemilih yang berubah status menjadi TNI/POLRI, sudah meninggal dunia, tidakber domisili di desa/kelurahansetempat. Dan juga pemilih terdaftar dalam DPS lebih dari satu kali.

“Disamping itu juga pemilih terdaftar dalam DPS, namun sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai Pemilih. Dan usulan perbaikan disampaikan PPS dengan menunjukkan dan menyerahkan salinan atau fotocopy KTP Elektronik atau Surat Keterangan dari pemilih yang informasinya diusulkan untuk diperbaiki,” beber Nur Taufan.

BACA JUGA  "Olah Vokal", Ini Cara Unik Expresikan Diri Siswa SDN Karangasem 07 Batang

Pihaknya berharap adanya peran serta dari Pasangan Calon (Paslon), tim kampanye, panwaslih, pemerintah dan masyarakat untuk terlibat aktif pada masa perbaikan DPS. Hal itu bertujuan agar nantinya tercipta Daftar Pemilih yang akurat, mutakhir dan komprehensif.

“Setelah tahapan perbaikan DPS, selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi DPS  Hasil Perbaikan secara berjenjang. Tingkat PPS dilaksanakan 25-27 November 2016, di PPK 28-29 November 2016 dan di KPU Kabupaten 30 November–6 Desember,” tandas Taufan. (*)

(DonyWidyo/RADAR/PORTALBATANG)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed