oleh

Melanggar Lalin Sering Sebabkan Kecelakaan, Batang Gelar Operasi Zebra Candi 2016

-BATANG-Dibaca 374 Kali

PORTALBATANG.COM, BATANG – Mulai tanggal 16-29 Nopember akan dilaksanakan Operasi Zebra Candi 2016 yang akan digelar di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali wilayah Hukum Kabupaten Batang. Pada pelaksanaan operasi kali ini, ada beberapa pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas menjadi sasaran utama.

“Pelanggaran yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan akan menjadi sasaran Operasi Zebra Candi 2016. Seperti pelanggaran rambu–rambu lalu lintas, batas kecepatan, melawan arus lalu lintas khususnya kendaraan motor roda dua,” ujar Kapolres Batang AKBP Joko Setiono saat memberikan sambutan pada apel pasukan Operasi Zebra Candi tahun 2016 Rabu, (16/11) di halaman Mapolres.

Kapolres menjelaskan, apel gelar pasukan sendiri dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan, serta sasaran yang telah ditetapkan.

“Jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2015 mengalami penurunan 375 kejadian atau -17% dari angka 1.895 kejadian, dibandingkan pada periode sebelumnya tahun 2014 ada sejumlah 2.270 kejadian. Sedangkan korban meninggal 365 orang, menurun 89 orang atau 20% dibandingkan periode yang sebelumya sejumlah 454 orang. Dan untuk Jumlah pelanggaran lalu lintas ada 684.973 pelanggar, dan pelanggaran dengan jumlah tilang sebanyak 550.772 lembar, teguran 23.515 lembar,” jelas Kapolres.

Menurut Kapolres untuk mengatasi permasalahan lalu lintas, perlu dilakukan berbagai upaya dengan memberdayakan seluruh stakeholder. Supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas. Oleh sebab itu diharapkan kepada seluruh stakeholder mampu mempersiapkan langkah–langkah antisipasi, baik secara taktis teknis maupun strategis agar potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan lalu lintas bisa teratasi.

BACA JUGA  Banyak Kecelakaan, Warga Gringsing Batang Resah Dengan Jalan Rusak Akibat Proyek Tol

“Dengan dilakukan penegakkan hukum terhadap sasaran prioritas tersebut, maka pelaksanaan operasi zebra ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi. Yaitu meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, serta dapat meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Dan yang terakhir dapat menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” tandas Kapolres. (*)

(NoviaRachmawati/RADAR/Portalbatang)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed