oleh

“Olah Vokal”, Ini Cara Unik Expresikan Diri Siswa SDN Karangasem 07 Batang

-BATANG, PENDIDIKAN-Dibaca 296 Kali

PORTALBATANG.COM, BATANG – Seni menjadi sarana alternatif manusia untuk mengekspresikan diri. Tak terkecuali seni olah vokal yang dapat mewadahi penyaluran ekspresi lewat suara. Seperti yang dilakuakn dan program pengembangan diri SDN Karangasem 07. Pihaknya mengadakan kelas olah vokal sebagai sarana untuk mengekspresikan diri siswa-siswanya.

SDN Karangasem 07 Batang

“Kegiatan pengembangan diri di SDN karangasem 07 memang baru dilakukan semester ini. Yang kita lakukan sendiri salah satunya olah vokal. Ini menjadi sarana untuk menyalurkan minat bakat anak dalam olah vokal. Di sini bukan untuk menjadikan siswa sebagai vokalis, ataupun menyanyi. Tetapi sebagai tempat berekspresi untuk mengungkapkan perasaan mereka,” beber Kepala SDN Karangasem 07, Suharlinah SPd bersama pelatih Willy Asmara saat diwawancarai di sela-sela latihan.

Kegiatan olah vokal biasanya dilakukan tiap Sabtu setelah pembelajaran usai. Untuk peserta sendiri difokuskan untuk kelas 4 dan 5. Karena kelas trersebut dianggap sebagai masa produktif siswa. Kegiatan pengembangan diri dilakukan tiap hari sabtu, dua minggu sekali bergantian dengan ekstra kurikuler pantomim.

“Yang jelas kami mengajarkan pengolahan pernafasan, vokal yang baik. Kami juga mengajarkan bagaimana caranya untuk meresapi lirik lagu. Di sini juga diajarkan olah vokal dari solo, duo trio dan grup. Kalau orientasinya sendiri masih sebatas untuk penampilan PENSI ketika akhir tahun ajaran nanti.”

Ke depan pihaknya tidak menampik untuk meningkatkan orientasi ke arah perlombaan. Terlebih saat ini kompetisi menyanyi sudah sering digelar di tingkat SD. Namun pihaknya saat ini memang masih berkonsentrasi untuk membentuk dasar olah vokal siswa. Agar siswa dapat menyanyi dengan jujur, sehingga dapat menjadi ajang pembelajaran karakter pula.

“Sebenarnya ini sebagai sarana saja. Di sini kami lebih menumbuhkan pembelajaran karakter secara tersembunyi. Bagaimana mereka menata manajemen rasanya, bagaimana logikanya berjalan. Harapannya nanti muncul bibit untuk mengharumkan nama sekolah lewat bidang seni. Tapi minimalnya mereka bisa mengeluarkan ekspresi mereka, sehingga mereka juga bisa lebih jujur,” tandasnya. (*)

BACA JUGA  Derita Huda, Bocah 5 Tahun Wajahnya Dimakan Kanker dan Tumor Ganas

(NoviaRochmawati/RADAR/PORTALBATANG)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed