oleh

“Patriotik”, Inilah Semangat Jiwa Ratusan Pemuda Penapak Tilas Perjuangan

-BATANG, DAERAH-Dibaca 186 Kali

PORTALBATANG.COM, WARUNGASEM – Di tengah kecenderungan pudarnya penghayatan terhadap nilai-nilai perjuangan, apa yang dilakukan Gerakan Pramuka Kwaran Warungasem patut diacungi jempol. Lewat even Napak Tilas Perjuangan v 2016, mereka mampu mengajaklibatkan ratusan anak pramuka dan pemuda dari tiga daerah untuk menapaktilasi jejak-jejak perjuangan di wilayah agamis itu.

Kegiatan dua tahunan yang digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (12-13/11), itu terbukti mampu menyedot animo pemuda dari berbagai latar belakang organisasi, mulai pramuka, pelajar dan mahasiswa, kelompok pecinta alam, IPNU/IPPNU, serta yang lainnya. Pesertanya mencapai total 851 orang, yang tergabung dalam 115 regu putra dan 92 regu putri, di mana tiap regu berisikan 5 peserta.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kwaran Warungasem maupun secara umum Kabupaten Batang. Terlebih, pesertanya datang dari tiga daerah, yakni Kabupaten dan Kota Pekalongan serta Batang sendiri,” ungkap Wabup H Soetadi SH MM, usai melepas peserta napak tilas, Sabtu malam lalu.

Menurut dia, kegiatan napak tilas perjuangan itu patut diapresiasi. Sebab, di tengah tren memudarnya penghayatan terhadap nilai-nilai perjuangan, Kwaran Warungasem mampu menunjukan masih banyak kalangan muda yang mau menghargai nilai-nilai kepahlawanannya. “Napak tilas perjuangan ini seolah menginterupsi kesadaran kebangsaan kita yang akhir-akhir ini tengah diuji dengan berbagai persoalan. Selamat dan semangat untuk Kwaran Warungasem, Kwarcab Batang, dan seluruh peserta,” terang Wabup yang juga ikut mendonasikan uang dari kantong pribadinya.

Sebanyak 115 regu putra dan 92 regu putri dilepas Wabup pada Sabtu malam. Peserta hanya membawa penerangan seadanya, tidak boleh membawa hp, untuk melintasi jejak-jejak perjuangan yang tersebar di desa-desa di Kecamatan Warungasem. Setiap regu juga diharuskan membawa bendera merah putih.

BACA JUGA  Memprihatinkan, Sudah Hampir 4 Tahun Lamanya Jembatan Gondo Tersono Belum Dibangun Permanen

“Napak tilas perjuangan adalah agenda rutin dua tahunan yang digelar dalam momentum hari pahlawan, sehingga jiwa-jiwa patriotisme diharapkan tertanam ke pemuda. Alhamdulillah, napak tilas perjuangan v ini bisa berjalan lancar dan sukses. Terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung,” ujar Ketua Kwaran Warungasem, Asmuni S Pd.

Tak hanya bernapak tilas, panitia juga menyediakan trofi, piala, dan uang pembinaan bagi regu tergiat. Bagi juara 1, 2, dan 3, berhak mendapatkan trofi tetap dan uang pembinaan. Sementara bagi tergiat 1 mendapatkan trofi tetap, uang pembinaan, dan piala bergilir.

“Untuk tahun ini, regu tergiat 1 putra diberikan untuk SMK Bintara Batang. Sementara regu tergiat 1 putri diraih MAN 3 Pekalongan,” ucap ketua panitia, Muzaron.

Kegiatan juga dihadiri Ketua Kwarcab Batang, Drs Suharyanto, Camat Warungasem Drs M Fathoni, Muspika, dan yang lainnya.

(sef/RADAR/PORTALBATANG)
Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed