oleh

Siap – Siaplah, Batang Bakal Ramai Pekerja Asing

-BATANG-Dibaca 1.495 Kali

PORTALBATANG.COM, Batang – Banyaknya para pekerja asing yang berdatangan di Indonesia tak terkecuali Kabupaten Batang, menuntut semua pihak di Pemerintahan Daerah (Pemda) perlu mewaspadainya.

Pasalnya akan ada banyak masalah yang ditimbulkan apabila para pekerja asing berdatangan, seperti tingkat produktifitas warga lokal akan menurun dan Sumber Daya Manusia (SDM) warga lokal tidak lagi dibutuhkan.

BACA : Tega dan Memalukan, Bayi Wanita Asal Subah di Aborsi dan di Kubur

Seperti dikabarkan RADAR PEKALONGAN Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batang Drs H Nasikhin MH mengatakan, saat ini Kabupaten Batang terus melakukan antisipasi terhadap para pekerja yang datang atau didatangkan dari luar Negeri. Bentuknya antara lain dengan terus melaksanakan rapat koordinasi dengan tim Pengawasan Orang Asing (PORA) yang leading sektornya berada di pihak Imigrasi Pemalang.

“Tim PORA tersebut terdiri dari gabungan SKPD Kabupaten Batang yang terkait, seperti Kesbangpol, Disdukcapil, Dinsosnakertrans dan lain sebagainya. Saat ini kitajuga masih mempersiapkan kedatangan 250 pekerja asing yang rencanya akan didatangkan oleh PT BPI dari negara Jepang pada tahun 2017 mendatang,” Ujar Nasikhin saat ditemui, Senin (28/11).

Kedatangan para pekerja asing tersebut, lanjut Nasikhin, sudah dikoordinasikan dengan Direktur Utama PT Sumi Tomo yang berada di Kabupaten Batang. Sehingga nantinya saat para tenaga asing memasuki Batang, harus segera melakukan pelaporan. “Saat ini memang sudah banyak para pekerja asing di kabupaten Batang yang kaitannya untuk melakukan pekerjaan. Karena perusahaan-perusahaan di Kabupaten Batang banyak dimiliki oleh para Penanam Modal Asing (PMA). Ada sejumlah 10 PMA yang terhitung di Kabupaten Batang,” jelasnya.

BACA : Tega dan Memalukan, Bayi Wanita Asal Subah di Aborsi dan di Kubur

BACA JUGA  MENEGANGKAN !! Ibu Asal Johosari Kandeman Batang Ini Hadang Alat Berat dan Protes Untuk Eksekusi Lahan Tol Batang - Semarang

Namun dari pihak Pemda saat ini terus menekankan kepada masing-masing perusahaan agar tetap komit untuk memanfaatkan tenaga lokal, seperti halnya pada proyek PLTU yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan.

Nasikhin juga menjelaskan, bahwa kehadiran para tenaga asing yang masuk ke wilayah Kabupaten Batang terbatas pada tenaga-tenaga ahli yang memang warga lokal belum memungkinkan. Namun pihaknya tetap terus melakukan antisipasi baik dari segi pengawasan dilapangan maupun aspek administrasi.

BACA : Pakai Kunci Lemari, Pemuda Batang Ini Bawa Kabur 4 Motor

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Batang Sugiatmo membeberkan, ada sejumlah 33 pekeja asing di kabupaten Batang. Dan diindikasikan masih ada banyak lagi pekerja asing yang belum melakukan pelaporan ke Dinsosnakertrans Kabupaten Batang.

“Sebenarnya masih ada lagi para pekerja asing yang belum terdata karena mereka belum melakukan pelaporan ke pihak kita. Misalnya di PLTU ini ada 9 pekerja asing, namun di subkon-subkon lainnya masih ada banyak lagi pekerja asing yang belum melakukan pelaporan ke kita,” tandas Sugiatmo(*)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed