oleh

LUAR BIASA !! PEMKAB BATANG Gelontorkan 6 MILIAR Untuk Interior Pasar Batang Baru

-BATANG-Dibaca 1.920 Kali

PORTALBATANG.COM, Batang – PEMKAB BATANG Gelontorkan 6 Miliar untuk interior pasar Batang baru. Pasar Batang baru ini memiliki desain yang modern seperti mall di kota kota lainnya. Tahun depan, Pasar Batang baru ini sudah bisa di tempati para pedagang.

Seperti yang dikutip dari RADARPEKALONGAN, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Batang, Isnanto SE MSi, mengatakan, saat ini status proyek Pasar Batang mulai masuk masa pemeliharaan hingga 6 bulan ke depan, paska serah terima pekerjaan dari PT Hutama Karya selaku rekanan ke Pejabat Pemegang Komitmen (PPKom), Selasa lalu.

BACA JUGA  TRAGIS !! Ternyata Mayat Dalam Karung di TERSONO BATANG Itu Ibu Tiri Pelaku

“Tetapi bangunan pasar baru ini belum bisa ditempati, karena bagian interiornya kan belum ditata. Tahun depan sudah kita anggarkan lagi,” ungkapnya, Rabu (14/12).

Pasar Batang Baru
FOTO : Pasar Batang Baru (Google)

Penataan bagian dalam itu menurut Isnanto membutuhkan anggaran yang tak sedikit. Karena itu, APBD 2017 telah mengalokasikan dana hingga Rp 6 miliar untuk menata lapak, kios, dan pekerjaan finishing lainnya. “Kalau lancar, insya Allah bulan Agustus tahun 2017  sudah bisa ditempati,” imbuhnya.

Pasar Batang Baru
FOTO : Pasar Batang Baru (Google)
BACA JUGA  Selesai Menjabat, Mantan Bupati BATANG ini Tinggal Dikontrakan

Seperti diketahui, pembangunan Pasar Batang menjadi salah satu program unggulan Pemkab di bawah kepemimpinan Yoyok-Soetadi (Yodi).

Pemkab ingin membangun sebuah pasar tradisional di pusat kota yang representatif dengan kualitas selayaknya mall. Megaproyek itu total menelan anggaran Rp 69.849.692.000 dengan pelaksanaan multy years, mulai 19 Oktober 2015 sampai 13 Desember 2016.

BACA JUGA  AWAS BEGAL! Jalur Tol Batang - Semarang Fungsional, Begal Intai Malam Hari

Bangunan dua lantai dengan interior tengah bermodel void itu dilengkapi dengan escalator serta jalur bongkar muat mobil di lantai dua.

Menurut Isnanto, nantinya pasar baru itu akan ditempati total 2.098 pedagang. Rinciannya, sebanyak 130 pedagang menempati kios, 1.248 menempati los, dan 720 pedagang tempati pelataran.

“Sesuai kebijakan Pak Bupati, para pedagang nantinya tak akan dibebani biaya sewa alias gratis. Mereka hanya membayar retribusi pasar harian sesuai amanat perda. Tetapi lapak gratis ini hanya untuk pedagang yang telah terdata di database kami,” ucapnya.

BACA JUGA  Ariani: Saya Mungkin Bukan Orang Baik, Tapi Ingin menjadi Baik

Selain megah, bangunan Pasar Batang juga akan dilengkapi dengan fasilitas keamanan, seperti CCTV, hydran. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) itu akan dipasang di setiap sudut ruangan, baik lantai satu maupun dua.

Sementara untuk mobilitas pedagang dan barang dagangannya, selain fasilitas eskalator juga disediakan ram untuk troli dua lantai.

“Mudah-mudahan pedagang maupun masyarakat pembeli nantinya bisa menikmati pasar baru yang lebih aman dan nyaman,” pungkasnya. (*)

(RADARPEKALONGAN/PORTALBATANG)
Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed