oleh

SUNGGUH PATRIOTIK, Nelayan BATANG Selamatkan 2 Warga Banjarmasin yang Terapung di Laut

-BATANG-Dibaca 1.437 Kali

PORTALBATANG.COM, Batang – Nelayan Batang menemukan beberapa nelayan banjarmasin yang mengapung di lautan. Ialah Amat Saenudin (32) Nahkoda kapal KM. Tirta Putra Kencana II.

Namun ketika kapal Batang ini sedang mencari ikan, ABK kapal yang di nakhodai Amat melihat 2 orang yang sedang mengapung di lautan dengan mendekap derigen.

Seperti PORTALBATANG yang mengutip dari HUMAS POLRESBATANG, “Identitas kedua  nelayan tersebut bernama Ghomansyah Givani (28) dan Mahdi  (42) keduanya warga Jl. Mantuil Permai RT.10 Rw 2 Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, mengaku sudah mengapung di laut selama dua hari semalaman,” ujar Kasatpolair AKP Basuki.

Nelayan Batang dan Kasatpolair
Nelayan Batang bersalaman dengan KASATPOLAIR (Photo : Humas Polres Batang)
BACA JUGA  Profile Kabupaten Batang Jawa Tengah

Lebih lanjut Kasatpolair menjelaskan penemuan kedua orang nelayan tersebut bermula saat Kapal nelayan asal Kabupaten Batang KM.

Tirta Putra Kencana II  dengan nahkoda kapal   Amat Saenudin (32) Batang sedang mencari ikan. Tiba-tiba sejumlah ABK melihat dua orang tersebut sedang terapung mendekap  jerigen solar.

Nahkoda KM. Tirta Putra Kencana II kemudian menghubungi petugas Polairud Polres Batang melalui Radio Kamtibmas dengan frekwensi HF. 7.110 KHz.

BACA JUGA  BREAKING NEWS : 5 Nelayan Warga Batang Tewas Setelah Tabrakan Dengan Kapal Barang

Oleh petugas Polairud, disarankan agar kedua korban dibawa ke dermaga Batang. Semalam, kedua korban tengah bermalam di Polairud Polres Batang, beber AKP Basuki.

Lanjut Kasatpolair, Menurut pengakuan Ghomansyah dan Mahdi, mereka berangkat ke laut untuk mencari ikan, bertolak dari sungai Barito Kalsel dengan menggunakan perahu jenis sopek pada minggu 4 Desember 2016.

Sewaktu di tengah laut perjalanan mencari ikan, mesin kapal tiba-tiba mati dan kapal terbawa ombak. kemudian tersapu ombak dan tenggelam.

Korban Terapung Banjarmasin
Korban Terapung Banjarmasin yang di selamatkan Nelayan Batang (Photo : HUMAS POLRES BATANG)

Kemudian pada Selasa 6 Desember 2016 sekitar pukul 22.30 wib, 40 Mil di perairan Kalsel di selamatkan oleh kapal dari Batang KM. Tirta Putra Kencana II.

BACA JUGA  Marak Korupsi DAK, Puluhan Kepala Sekolah Batang Jalani Pembinaan

Sebelum dipulangkan, kita lakukan pengecekan kesehatan oleh Dokkes Polres. ” Alhamdulillah, tidak ada luka dan dinyatakan dokkes, kondisi kesehatan kedua nelayan baik,” terang Kasatpolair.

Setelah dipastikan sehat, kedua nelayan diberi bekal oleh pengurus HSNI dan petugas Satpolair berupa tiket pesawat dan perbekalan secukupnya untuk bisa sampai kampung halaman.

Sementara itu Ketua HNSI Teguh Tarmujo mengatakan bahwa HSNI  sejal awal mendengar informasi kejadian ini, kemudian bergerak untuk sedikit membantu fasilitasi kepulangan kedua nelayan tersebut.

BACA JUGA  Ikuti Era Globalisasi, PEMKAB Batang Luncurkan Aplikasi e-Doi Kuper

“Memang marwah nelayan senasib sepenanggungan, rasa memiliki dan perhatian dari nelayan lain,namun secara kelembagaan ada pos pendanaan dari nelayan sendiri bagi sosial kemanusiaan,” ujarnya.

Kami berharap kepada para nelayan tradisional, dari beberapa kecelakaan yang terjadi semakin tumnuh kembangkan kesadaran tentang keselamatan dilaut diri, karena nyawa keselamatan adalah paling utama oleh karena itu perhatikan safety saat mencari ikan, pungkasnya.(*)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed