oleh

Penetapan Harga Tanah “TIDAK WAJAR” ? Warga BATANG Bisa Langsung Protes Ke Pengadilan

-BATANG-Dibaca 538 Kali

PORTALBATANG.COM, BATANG – Anda punya tanah namun harga yang di tetapkan oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional) tidak wajar dan Anda keberatan atas penetapan tersebut? Jika jaabannya YA, maka Gugatlah !! Jangan sampai Anda kecewa dengan keputusan yharga yang di tetapkan oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional).

Harga tanah batang

 

Seperti yang PORTALBATANG kutip dari SUARA MERDEKA, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Batang, Abdul Azis mengatakan, apabila warga keberatan atas penetapan harga tanah, yang ditetapkan Tim Appraisal (perkiraan harga).

Sesuai undang-undang yang berlaku, dapat mengajukan gugatan melalui Pengadilan Negeri dan hasilnya akan di putusan oleh pengadilan.

BACA JUGA  GEGER !! Penemuan Honda Brio dan Mio Soul Di Muara Kali Sambong Batang

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Batang, Abdul Azis  menanggapi keberatan dari 33 warga Desa Johosari, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, terkait dengan harga pembebasan tanah untuk lahan pembangunan jalan tol Batang – Semarang.

Ke-33 warga Desa Johosari, menemui Bupati Batang guna meninjau kembali penetapan harga tanah mereka yang dihargai Rp.260 ribu – Rp.440 ribu/M2.

Dalam pertemuannya dengan Bupati, Muflikun, selaku juru bicara mengatakan, sebagai pembanding, PT Bintang Merpati dan Lapangan Golf membeli tanah di desa mereka dengan harga lebih dari Rp.1 juta/M2.

“Kami meminta agar penetapan harga tanah untuk disurvei kembali”katanya.

Kepala Kantor BPN Kabupaten Batang Abdul Aziz menambahkan, jika warga keberatan terhadap penetapan harga tanah, tidak boleh diwakilkan.

BACA JUGA  Innalilahi, Ini Dua Jamah Haji Asal Batang yang Meninggal di Mekkah

Orang yang bersangkutan harus datang langsung, selain itu tidak bisa, kecuali keluarga yang mendapat kuasa.

“Setelah 14 hari proses pembebasan lahan, masyarakat dapat mengajukan gugatan melalui pengadilan negeri dan hasilnya akan di putuskan oleh pengadilan. Siapa pun sudah tidak bisa merubah nilai harga tanah apabila harga sudah ditetapkan, karena harga tanah mengacu pada harga appraisal,” jelas Abdul Aziz.

Dikatakan, menurut pengalaman, ujar Abdul Aziz, apabila masalah tersbut diselesaikan di pengadilan, dimungkinkan nilai harga tanah akan turun, tidak sebesar harga sekarang.

“Kami minta tolong kepada pihak keluarga untuk memberikan pencerahan agar hal tersebut jangan sampai terjadi (diselesaikan di pengadilan),”kata Abdul Azis.

Sementara itu, Ufix Kurniasih dari Tim Appraisal mengungkapkan, masalah regulasi berdasarkan data nominatif dan peta bidang yang telah diklasifikasikan sesuai jenis tanah, sawah pekarangan dan tegalan. Nilainya, kata Ufix, pasti berbeda, begitu juga tanaman.(*)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed