oleh

Pilkada Batang 2017, Wihaji Unggul di 15 Kecamatan

-BATANG-Dibaca 463 Kali
Laporan Radar Pekalongan

PORTALBATANG.COM, Batang – Masyarakat Kabupaten Batang yang memiliki hak pilih, Rabu (15/2) telah menggunakan hak pilihnya pada hajatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk memilih Bupati dan wakil bupati yang baru.

Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan beberapa pihak, pasangan calon (Paslon) Wihaji-Suyono unggul jauh dibandingkan tiga Paslon lainnya.

hasil suara pilkada batang 2017
hasil suara pilkada batang 2017

Kemenangan tersebut tentu saja disambut antusias oleh seluruh jajaran partai pengusung, relawan, pendukung maupun simpatisan dan tim pemenangan. Bahkan ada pendukung yang meluapkan kemenangan Paslon yang didukungnya itu dengan melakukan konvoi di wilayah Kota Batang.

“Alhamdulillah, dari hasil penghitungan yang kita lakukan, pasangan Wihaji-Suyono unggul jauh dari tiga Paslon lainnya. Ini berkat perjuangan tak kenal lelah dari semua pihak. dan kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Batang dan juga tokoh-tokoh masyarakat yang telah mempercayakan pilihanya pada Wihaji-Suyono,” ujar Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Tengah, Wisnu Suhardono saat menggelar konferensi pers di kantor DPD II Partai Golkar Kabupaten Batang, kemarin petang.

hasil suara pilkada batang 2017
Perolehan Suara Sah KPUD Pilkada Batang 2017

Berdasarkan hitung cepat dari data para saksi yang ada di 1.388 Tempat Pemungutan Suara (TPS) seKabupaten Batang, pasangan dengan jargon Ji Sam Su Yes ini unggul di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Batang. Sedangkan jumlah suara yang diraih, mencapai 57% dari suara sah. Hal ini menunjukan bahwa hampir pasti Paslon Nomor 1 ini tidak akan terkejar perolehan suaranya oleh Paslon lainnya.

“Dari hitung cepat yang kami lakukan, perolehan suara Paslon Wihaji-Soyono lebih dari 50% dan unggul di 15 kecamatan. Meskipun data yang masuk berdasarkan data resmi dari para saksi, namun untuk hasil pastinya tetap harus menunggu penghitungan yang dilakukan oleh pihak KPU Kabupaten Batang,” jelas Wisnu didampingi jajaran pengurus DPD I Jawa Tengah, anggota DPR RI dari Partai Golkar, Cabup H Wihaji dan juga pengurus DPD II Partai Golkar Batang.

BACA JUGA  ORANG KAYA Ngaku MISKIN, SMAN 1 BATANG Lakukan Survei SKTM

Wisnu menjelaskan, kemenangan yang diraih Partai Golkar pada Pilkada Kabupaten Batang tahun 2017 ini merupakan yang kedua kalinya. Mengingat pada Pilkada sebelumnya, paslon yang diusung partai Golkar bersama PPP dan PAN juga terpilih. Hal itu menunjukan bahwa masyarakat Batang kembali mempercayakan lima tahun kedepan kepemimpinan dan kepengelolaan pemerintahan daerah kepada partai Golkar dengan pasangan Wihaji-Suyono.

“Kita merasa sangat bersyukur, karena kemenangan ini terjadi yang untuk kedua kalinya. Dan kami meminta bantuan kepada masyarakat dan juga insan pers untuk membantu pasangan Wihaji-Suyono untuk melaksanakan amanah dari Allah dan masyarakat dengan baik. Meningkatkan kesejahteraan dan memperbaiki nasib masyarakat pada umumnya. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada adik dan yunior saya Wihaji, semoga Allah selalu meridhoi dan memberikan kesehatan dan juga pencerahan hati dan pikirannya bagaimana memajukan Batang, bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” beber Wisnu.

Cabup Wihaji dalam sambutanya menyatakan, bahwa pihaknya bersyukur tahapan pemungutan suara Pilkada Batang dapat berjalan dengan aman dan damai. Pihaknya juga akan tetap menunggu hasil pilihan resmi dari pihak KPU Kabupaten Batang, terkait perolehan suara. Namun berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan relawan dan tim, paslon dengan nomor urut 1 mendapat suara sekitar 59% dari total suara yang sah.

“Atas perolehan suara tersebut, kami atas nama paslon mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan masyarakat. Dan ini juga merupakan kemenangan rakyat Batang, sekali lagi ini bukan kemenangan saya, tapi kemenangan seluruh rakyat Batang untuk membangun Batang baru. Kepada seluruh pemilih di Kabupaten Batang, para tokoh, ulama, kami juga mengucapkan terima kasih. Intinya kami tetap akan menunggu hasil resmi KPU, meskipun kami memiliki data resmi yang akan dijadikan pijakan secara tidak formal,” tandas Wihaji.

BACA JUGA  Lewat Bulu Tangkis, Siswi Ini Harumkan Nama SDN Warungasem 01

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Batang, Adi Pranoto menyatakan, bahwa pada Pilkada kali ini, pihak KPU tidak melakukan penghitungan suara sementara. Namun untuk kepentingan pelayanan informasi publik, terkait perolehan suara dan model C1 tiap TPS Pilkada Batang, pihak KPU melakukan scaning dan input atau entri data yang dikirim ke data base KPU RI. Hasil scaning form C1 dan rekapitulasinya bisa dilihat di portal KPU RI.

“Terkait dengan adanya rekapitulasi hasil pengitungan perolehan suara yang beredar di masyarakat, kami sampaikan bahwa KPU secara resmi tidak melakulan proses rekapitulasi penghitungan suara sementara. Mengingat proses rekapitulasi baru akan dilaksanakan mulai 16 Februari 2017 di semua kecamatan melalui rapat pleno terbuka masing-masing PPK, dan tanggal 22 Februari 2017 di tingkat KPU Kab Batang. Adapun untuk kepentingan pelayanan informasi kepada publik agar masyarakat agar bisa mengetahui hasil perolehan suara masing2 calon dan form c1 di setiap TPS, KPU telah melakukan scan dan entry data yg terkirim ke server data KPU RI dan dapat di akses melalui portal KPU pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/jawa_tengah/batang,” beber adi.

Ditambahkan, pihak KPU Batang berharap agar semua pihak tetap menghormati tahapan maupun aturan yang ada. “Dan apapun hasil perhitungannya nanti harus kita hormati bersama siapapun pemenangnya, karena itu adalah hasil pilihan masyarakat Kabupaten Batang,” pungkas Adi.(*)

Radar Pekalongan / Portal Batang

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed