Situs Balekambang Gringsing Kabupaten Batang

oleh
Situs Balekambang

TRAVEL – Memang peninggalan – peninggalan prasejarah kota Batang tidak ada habisnya ketika di telusuri, salah satunya Situs Balekambang. SItus Balekambang ini terletak di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, tepatnya di Desa Sidorejo yang merupakan desa diwilayah timur kabupaten Batang.

Sejarah Situs Balekambang Gringsing Batang

Situs Balekambang Gringsing ini konon merupakan peninggalan pada zaman Majapahit yang lebih tepatnya yakni pasenggrahan Sultan Mataram yang dahulu kala pernah membendung dan mengumpulkan kekuatan untuk penyusunan rencana penyerangan ke Batavia yang waktu itu masih berkuasa di Indonesia.

Situs Balekambang akhirnya menjadi tempat penyimpanan logistik makanan maupun persenjataan, Situs Balekambang Gringsing ini di bangun setelah Ki Bahurekso membabat dan membuka alas roban. Alas roban sendiri merupakan Hutan Lebat yang masih belum terjamah manusia dan pada zaman itu Alas Roban merupakan Hutan yang ditempati berbagai macam siluman.

Situs Balekambang
(photo : @fajar_ashidiq007)
Situs Balekambang
(Photo : @_ikaalfi_)
Situs Balekambang
(Photo : @ivan_vertical)

BACA JUGA  BREAKING NEWS, Truk Pengangkut Kertas Masuk Jurang Alas Roban

Kawasan SItus Balekambang Gringsing ini juga dinamakan Tunggorono. Mitos yang berkembang di masyarakat setempat, Tunggorono yakni sesosok tinggi besar yang menempati Situs Balekambang Gringsing. Selain makhluk astral tinggi besar, Situs Balekambang Gringsing ini juga dilindungi oleh Ular Besar yang melingkari SItus Balekambang tersebut.

Maka dari itulah, SItus Balekambang Gringsing ini memiliki Arca Ular Besar yang terletak di bawah pohon beringin tua.

Situs Balekambang
(Photo : @ivan_vertical)
Situs Balekambang
(Photo : @irohmanto97)
Situs Balekambang
(Photo : @ivan_vertical)

Arti Balekambang

Balekambang terdiri dari kata bale dan kambang yang artinya tempat terapung. Balekambang adalah sumber mata air yang besar yang airnya muncul dari bawah pohon beringin yang tumbuh diatas sekitas Balekambang. Airnya digunakan oleh petani sekitar untuk mengairi sawah, sesaat pada siang hari untuk mencuci karet bagi orang yang mencari sisa karet dari perkebunan karet sebelah barat Balekambang.(*)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *