oleh

Surat Edaran Sudah Disebar, Pelajar BATANG Dilarang Rayakan Valentine

-PENDIDIKAN-Dibaca 239 Kali
Laporan Radar Pekalongan

PORTALBATANG.COM, Batang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Batang mengambil kebijakan antisipatif menjelang peringatan valentine day yang jatuh 14 Februari hari ini. Mereka meminta sekolah, terutama jenjang SD dan SMP, agar melarang siswanya merayakan hari kasih sayang sedunia itu.

“Kami menilai ada yang keliru dari tradisi perayaan hari kasih sayang setiap tanggal 14 Februari ini, baik pemahaman, cara, maupun terutama eksesnya. Semestinya, sesuai ajaran agama maupun budaya luhur kita, semangat dan berekspresi berkasih sayang itu dilakukan setiap waktu. Kedua, cara berkasih saying itu kan juga ada kaidah-kaidahnya, apalagi bagi dunia pendidikan,” ungkap Kepala Dindikbud Batang, Rakhmat Nurul Fadilah SPd MSi, Senin (13/2).

BACA JUGA  Ini Syarat Pendaftaran Universitas Selamat Sri (UNISS) Batang

Karena itu, Dindikbud mengeluarkan surat edaran larangan perayaan valentin day itu bagi para pelajar di Kabupaten Batang. Melalui Surat Nomor 421.2/157/2017, Dinas memerintahkan Kepala UPT di 15 kecamatan serta Kepala SMP Negeri/swasta se kabupaten agar mengingatkan siswa siswinya untuk tak merayakan valentine, baik di lingkungan sekolah maupun di luar.

“Ini kebijakan antisipasi, karena apa yang digambarkan sebagai perayaan hari kasih sayang selama ini justru tidak relevan dan tidak mendukung bagi terwujudnya pendidikan budi pekerti yang baik serta akhlak mulia,” ujar Rakhmat.

Dia meminta masing-masing SD dan SMP bisa memberikan pemahaman dan pembinaan kepada siswanya terkait tanggung jawab utama sebagai peserta didik agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, Dindikbud juga mengingatkan para orang tua untuk tetap memberikan perhatian, bimbingan dan pengawasan kepada putra/putrinya.

BACA JUGA  Miris, Siswa Ketahuan Bawa Kondom Obat Dalam Sidak P4GN di SMK Yapenda

“Silahkan Kepala UPT untuk meneruskan himbauan ini kepada kepala sekolah SD dan SMP di masing-masing wilayah kerja. Sementara untuk kepala sekolah agar menggunakan media dan forum yang tersedia untuk menyampaikannya. Bila perlu gunakan jam pelajaran di masing-masing kelas agar pesan ini bisa sampai ke setiap siswa,” terangnya.

Rakhmat berharap, pelajar di Batang bisa mengindahkan larangan ini dengan tidak merayakan valentine day di sekolah maupun di luar sekolah. Sebab, perayaan valentine secara keliru juga akan berdampak buruk, baik bagi siswa, orang tua, maupun sekolah.(*)

Radar Pekalongan / Portal Batang

Loading...

Komentar

Index Berita