Wisata Curug Sijeglong, Curug 2 Tingkat yang Sangat Indah

oleh -Dibaca 712 Kali
Curug Sijeglong
Laporan Shinta Agustina Utomo, Portal Batang

TRAVEL – Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata Batang yang berada di Desa Margosono, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Curug Sijeglong

Wisata Curug Sijeglong Tersono Batang

Curug Sijeglong ini memiliki formasi 4 Tingkat dan 4 Kedung (Air yang dalam & tenang) yang berwarna biru pada waktu terentu tergantung intensitas cahaya yang di biaskan oleh air sehingga merubah warna.

Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Batang idak mengunjungi wisata air terjun yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Curug Sijeglong

BACA JUGA  "Rumah Pohon" Wisata Alam Ala Tarzan dan Wisata Selfie

Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada didekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat  Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah.

Sejarah Singkat Curug Sijeglong

Padahal sebelumnya Curug Sijeglong yang berada di Kecamatan Tersono Kabupaten Batang ini dinamakan Curug Nasi, tapi sekarang berubah nama menjadi Curug Sijeglong, hal ini dikarenakan setiap tingkatannya memiliki cekungan air yang luas seperti kolam.

Dalam istilah Jawa cekungan biasa juga di Sebut “Jeglong” darisinilah munculnya nama Sijeglong. Konon pada zaman dahulu air Terjun/Curug ini ditemukan oleh seorang warga yang hendak berladang yang tanpa sengaja melihat keindahan Curug ini lalu lambat laun mulai diketahui oleh banyak orang.

Curug Sijeglong

Geografis Curug Sijeglong Tersono Batang

Terletak dalam perbatasan Antara Kabupaten Batang dengan Kabupaten Kendal. Secara Admnistratif, bagian atas Curug sudah memasuki wilayah Kabupaten Kendal, namun jalur akses yang dilalui lebih mudah lewat Desa Margosono, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang. Untuk saat ini akses menuju curug sudah dikelola secara bertahap, mulai dengan adanya tanah berundak, tambang pengaman, jembatan bambu, dsb.

BACA JUGA  Wisata Batu Gamelan, Wisata Terbaru di Kabupaten Batang

Jarak yang harus ditempuh dari pemukiman warga sampai ke curug cukup dekat, yaitu skitar ±3Km dan waktu tempuh sekitar ± 15menit dgn berjalan kaki. Medan yang dilalui cukup menantang, tanah yang terjal serta licin menghiasi perjalanan menuju hulu Sungai Lampir yang berada tepat dibawah Curug.

Curug Sijeglong

Saat menuju lokasi Curug Sijeglong ini, stamina tetap perlu dijaga, hal ini dikarenakan memang jalur menuju Curug ini mampu membuat badan terasa lelah, akan tapi anda tidak perlu khawatir, karena raga yang lelah akan segera teralihkan oleh sebuah panorama alam yang indah.

Berbagai kalangan Wisatawan mulai ramai berkunjung ke Curug Sijeglong, dari balita hingga manula dapat mencapai target diatas Curug, dapat dibayangkan kalau saja Adik-Adik sampai Kakek-Nenek saja bisa sampai diatas Curug, bagaimana dengan Anda?

Fasilitas Curug Sijeglong

Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata air terjun yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Penginapan
  • dan masih banyak lainya

Curug Sijeglong

Transportasi Menuju Curug Sijeglong

Bagi wisatawan asal kota Batang sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah ini. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri ??, tentu mereka bingung dan takut salah jalan (kesasar). Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota batang saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil ataupun motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke  Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

BACA JUGA  Curug Genting dan Situs Majapahit yang Terlupakan

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraanpribadi anda menuju lokasi Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah tersebut.

Menikmati Tubbing Sungai Lampir di Curug Sijeglong

Tidak hanya Curug Sijeglong saja, Anda juga dapat menikmati wisata tubbing di aliran Sungai Lampir. Fasilitas yang ada di Curug Sijeglong Kecamatan Tersono Kabupaten Batang ini sudah lengkap. Keamanan dan kenyamanan yang telah disediakan oleh pihak pengelola serta di pandu oleh tenaga profesional yang berkompeten pada bidangnya.

Dengan menggunakan ban besar seperti donat raksasa kita akan disajikan sebuah pemandangan indah di sekitar aliran sungai, bermacam bebatuan tersaji disepanjang perjalanan.

Dari yang bebatuan yang berukuran kecil hingga berukuran besar, namun semuanya itu batu kali, bukan batu akik yang dapat terjual dengan nilai rupiah yang cukup mahal. Lumut bebatuan yang hijau dan burung hutan yang terbang bebas juga turut mengiringi perjalanan Tubbing yang ditempuh dalam kurung waktu sekitar ± 2jam & berakhir di Desa Pujut Kecamatan Tersono.

BACA JUGA  Indahnya Sunset di Bukit Srigunung Banyuputih Kabupaten Batang

Nah, Bagaimana? Anda tertarik untuk menikmati Wisata Curug ini? Selain anda bisa menikmati keindahan curug yang berada di Kecamatan Tersono Kabupaten Batang ini Anda juga bisa menikmati sarana Olahraga air yang menantan Adrenalin Anda.

Saran dan Tips Menuju Curug Sijeglong dan Tubbing Sungai Lampir

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Curug Sijeglong di Batang Jawa Tengah, Anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan. Serta beberapa barang tambahan seperti  kamera karena anda pasti ingin mengabadikan momentbersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, sampo, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar.Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati. (*)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *