oleh

Sambut HUT Kabupaten Batang Ke-51, Plt Bupati beserta Bupati dan Wakil Bupati Batang Terpilih Ziarah ke Leluhur

-BATANG-Dibaca 799 Kali
Laporan Agung Priambodo, Portal Batang

PORTALBATANG.COM, Batang – Menyambut hari jadi Kabupaten Batang, Plt Bupati Nasikhin bersama Forkopimda mulai melakukan rangkaian acara hari jadi Kabupaten Batang. Kegiatan mereka yakni melakukan ziarah ke makan Bupati Batang pertama.

Bupati Batang pertama yakni Kyai Pangeran Adipati (KPA) Mandurejo di pemakaman Protowetan, Desa Protomulyan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Kamis (6/4/17).


Acara yang diselenggarakan sederhana tersebut juga dihadiri oleh pasangan Bupati dan Wakil Bupati Batang terpilih Wihaji – Suyono.

PLT Bupati beserta rombongan berangkat pagi hari dari pendopo Kantor Bupati Batang menuju wisata religi Desa Protomulyan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal.

Sesampainya di tempat tujuan rombongan langsung menuju makam KPA Mandurejo yang kemdian berdoa bersama dengan KH Zainal Mutaqim yang didampingi dengan Ketua MUI Batang, KH Abdul Faqih.

Setelah rombongan melakukan doa bersama di makam Bupati Batang pertama tersebut, mereka langsung menuju makam Astana Pasekaran di Desa Pasekaran, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Di makam tersebut disemanyamkan leluhur Bupati Batang dan juga tokoh – tokoh penting yang berjasa membangun Kabupaten Batang.

Dibalik untuk memperingati Hari jadi Kabupaten Batang, acara ini juga untuk mengenang jasa – jasa leluhur dan tokoh yang ada di Kabupaten Batang.

“Ziarah ini memang merupakan salah satu bentuk untuk menghargai jasa para leluhur Batang”, ucap Plt Bupati.

Sebelumnya memang, Batang masuk dalam wilayah dan dipimpin oleh Pekalongan, namun setelah pemekaran pada 8 April 1966, Batang berdiri sendiri dan menjadi Kabupaten.

“Meskipun demikian, tidak mengurangi semangat aparat dan masyarakat dalam membangun Kabupaten Batang,” pungkasnya. (*)

Loading...

Komentar

Index Berita