oleh

“Omah Sinau”, Untuk Gali Potensi Desa di Pelosok Batang

-DAERAH, BATANG-Dibaca 372 Kali
Laporan Ratna Antika, Portal Batang

PORTALBATANG.COM, Bandar Hingar bingar kota seperti magnet yang menarik berjuta pasang mata untuk mendatanginya. Alhasil, banyak masyarakat yang mengadu nasib ke kota-kota besar untuk mencari peruntungan kesuksesan.

Saat ini banyak pemuda desa mempunyai semangat tinggi berbondong-bondong pergi merantau ke kota untuk menggapai masa depan mereka.


Berbagai motivasi dan latarbelakang membawa mereka untuk merantau baik itu menempuh pendidikan, mencari pekerjaan, menjadi pengusaha dan lainnya.

Mindset kota menjadi tempat untuk menggapai kesuksesan harus mulai segera dirubah. Tujuannya agar para pemuda desa sadar akan potensi desa dan mau untuk mengembangkankannya.

Omah Sinau menjadi salah satu komunitas pemuda desa yang peduli akan permasalahan tersebut. Komunitas yang bermarkas di Desa Wonokerto, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang ini memiliki tujuan pengembangan potensi Desa.

Baik dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dituangkan dalam bentuk kegiatan.

Ketua Omah Sinau, Slamet Nur Chamid menyatakan komunitas itu hadir untuk memberikan edukasi dan penyadaran kepada pemuda terkait potensi desa serta bercita-cita mewujudkan mimpi desa yang berdikari.

“Selain penyadaran dan penggalian potensi kami juga memberikan pembelajaran tambahan kepada siswa-siswi yang masih sekolah untuk belajar besama, agar pandangan para siswa mulai terbuka bahwa belajar hanya diruang kelas” papar Slamet Nur Chamid.

Menurutnya, pembangunan desa yang saat ini sangat didukung oleh pemerintah melalui UU No 6/2014 tentang Desa menjadi angin segar untuk bisa mewujudkan desa yang mandiri.

Oleh karena itu penyadaran akan potensi sejak dini sangat penting untuk bisa merubah mindset menjadi di desapun bisa menggapai kesuksesan.(*)

Loading...

Komentar

Index Berita