oleh

BREKING NEWS !! Desa Klidang Lor dan Kelurahan Karangasem Utara Terendam Banjir Rob, Ternyata Ini Faktanya

-BATANG, DAERAH-Dibaca 444 Kali
Laporan Ahmad Nurfaqom, Portal Batang

PORTALBATANG.COM, Batang – Banjir dan Rob menggenangi Dua Desa di Kabupaten Batang, Dua Desa tersebut yakni Desa Klidang Lor dan Kelurahan Karangasem Utara, kedua Desa tersebut sama – sama terletak di Kecamatan Batang, Kabupaten Batang. Kondisi tersebut akibat dari hujan deras seharian penuh yang mengguyur Kabupaten Batang. Rabu, (26/4/17).

Mendengar ada bencana tersebut, Tim Relawan PMI dari Kabupaten Batang  bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung terjun kelokasi.


Mereka (PMI dan BPBD) langsung mengevakuasi warga yang terjebak Banjir dan Rob. Ketinggian di kedua Desa tersebut terus naik hinga 2 meter lebih.

Tidak mudah untuk mengevakuasi warga di kedua Desa tersebut, akses jalan perkampungan menyulitkan Tim Penyelamat untuk mengevakuasi warga.

Namun, Akhirnya Tim Penyelamat Ini mampu mengevakuasi warga di dua Desa tersebut dengan cepat, sigap dan tanggap.

Itulah yang di sampaikan Ketua PMI Kabupaten Batang Achmad Tofik, ia mengatakan bahwa semua itu hanya simulasi belaka dan simulasi tersebut untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN).

BACA JUGA  Innalilahi, Ini Dua Jamah Haji Asal Batang yang Meninggal di Mekkah

Tidak hanya di Kabupaten Batang saja melainkan, di seluruh Indonesia.

Selain Achmad Tofik bangga dengan Tim penyelamat yang diketuainya, ia juga menyampaikan bahwa mereka siap kapan saja bila dibutuhkan.

“Simulasi ini agar terciptaanya masyarakat yang siaga dan tanggap bencana untuk meminimalisir korban dari bencana itu sendiri, dan sebagai latihan juga untuk kami”, ujar Tofik.

Dalam simulasi ini melibatkan peran aktif dari banyak pihak, seperti yang tertulis dari Humas Polres Batang  mereka yang mengikuti pelatihan ini yakni PMI, BPBD, TNI/Polri dalam hal ini Kodim 0736 Batang dan Polres Batang , Siswa, PT Bimasena Power Indonesia, Sibat, pemerintah dan masyarakat desa/Kelurahan serta stakeholders lain.

“Sedikit yang perlu dibanggakan dalam merespon pelaksanaan pencanangan HKBN, sesuai dengan data yang diterima PMI Batang menempati urutan ke 2 setelah Ternate dalam kesiapan mendukung acara kesiapsiagaan,” imbuh Tofik, saat dimintai keterangan oleh awak media. (*)

Penulis : Ahmad Nurfaqom
Editor : Novita Dwi Rizky
Loading...

Komentar

Index Berita