oleh

SMP N 3 Bawang Batang Wajibkan Para Siswa Hafal Alqur’an Minimal 3 Juz

-PENDIDIKAN-Dibaca 351 Kali
Laporan Sutomo Haryanto, Portal Batang

PORTALBATANG.COM, Pendidikan – Sekolah Menengah Pertama (SMP) N 3 Bawang Kecamatan Bawang  Kabupaten Batang  memiliki program wajib yang harus di ikuti para siswa yakni hafalan Alquran minimal 3 juz.

Biasanya hafal Al Qur’an identik dengan tradisi pondok pesantren atau sekolah madrasah, maka SMP N 3 Bawang Kecamatan Bawang  Kabupaten Batang  pun tidak mau ketinggalan dengan progam tersebut.

Progam ini di laksanakan karena keinginan mantan Bupati Batang dulu kala masih menjabat Bupati Batang yakni Yoyok Riyo Sudibyo yang menganjurkan bahwa siswa siswi SMP N 3 Bawang Kecamatan Bawang  Kabupaten Batang  harus minimal hafal 3 juz setiap semester untuk kenaikan kelas.

Untuk materi progam tersebut, pihak sekolah menjadwalkan pada Jum’at untuk menghafal minimal 1 juz Al Qur’an perhari.

BACA JUGA  Lewat Bulu Tangkis, Siswi Ini Harumkan Nama SDN Warungasem 01

Kepala Sekolah Purbo Kuncoro mengatakan dulunya masih sering mengundang salah satu ustaz untuk melatih hafalan tersebut. Akan tetapi, dengan jumlah murid 331 yang menaungi kelas 7 sebanyak 50 putra dan 57 putri, kelas 8 sebanyak 58 putra dan 66 putri serta kelas 9 sebanyak 50 putra dan 50 putri.

“Maka dari itu menjadi satu alasannya, beliau mengaku selaku ustaz pembimbing sangat keteteran dengan waktu yang sangat terbatas. Dan semua ini butuh waktu banyak,” paparnya, Selasa (18/4/2017).

Untuk mengatasi semua ini, katanya, manajemen sekolah berinisiatif mencari solusi bagaimana progam ini bisa dilaksanakan. Menurutnya, sekarang bisa dibantu dengan para guru yang memegang mata pelajaran agama Islam dan sangat membantu serta meringankan.

“Target yang dilaksanakan siswa perminggu diwajibkan sudah hafal 2-3 surat,” ujarnya.

Pada tahun ajaran tahun ini sudah ada lima murid yang sudah hafal 3 juz serta menerima sertifikat dari sekolah. Lima diantaranya satu siswa laki-laki dan empat untuk siswi putri dan sudah siap diwisuda setelah kelulusan nanti.

Kepala Sekolah mengharapkan semua siswa kedepan khusus untuk kelas 8-9 untuk harus wajib hafal 3 juz itu karena sangat penting untuk bekal bila sudah lulus di SMP N 3 Bawang ini.(*)

Loading...

Komentar

Index Berita