Olah Raga “Sepak Takraw” Batang, Butuh Asupan Dana Dari Pemkab Batang

oleh -Dibaca 219 Kali
Tim Sepak Takraw Batang
Tim Sepak Takraw Batang
Laporan Zaenal Arifin, Portal Batang

PORTALBATANG.COM, Olahraga – Siapa yang tidak kenal dengan olahraga sepak takraw? Olahraga yang menggunakan bola dari rotan memang tak setenar sepakbola. Namun jangan remehkan olahraga ini, terbukti warga Batang Jawa Tengah telah memetik prestasi hingga tingkat provinsi.

Ironinya, olahraga ini kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Batang baik dari pembinaan maupun pendanaan untuk support pemain.

Hal tersebut disampaikan oleh Maksum selaku pelatih tim Sepak Takraw Batang saat diwawancarai di rumahnya Dukuh Klawen Desa Candigugur Kecamatan Bawang pada Sabtu (12/4/2017)

“Sejak saya mulai merintis takraw di Kabupaten Batang mulai awal 2000, begitu sulit mencari bibit-bibit potensial,” tutur Maksum yang juga pengasuh pesantren di Klawen ini.

Dia menceritakan pada 2010, rombongan atlet yang mengikuti kejuaraan provinsi di Kabupaten Blora harus rela mengundurkan diri karena dana akomodasi yang tidak mencukupi.

“Sejak saat itu, saya bersama kakak saya lebih giat untuk mencari pemain dan memusatkan latihan di Koperasi Unit Desa Bawang yang saat itu perjuangannya harus menyingkirkan padi yang dijemur sebelum memulai latihan,” ujarnya.

Dalam perjalanannya mengembangkan sepak takraw di Kabupaten Batang khususnya daerah Bawang, Maksum menemui kendala berebut area latihan dengan atlet futsal.

Namun berkat kerja kerasnya, pada 2013 anak asuhnya mampu menyabet prestasi di kejuaraan provinsi yang dilaksanakan di Brebes. Prestasi berikutnya, periode 2015 atlet putra mampu menjadi juara di Karesidenan Dulongmas (Kedu,Pekalongan,Banyumas).

“Namun sayang, hingga saat ini kami masih belum mendapatkan anggaran yang cukup untuk pembinaan pemain. Semoga pemerintah tertuma instansi terkait dapat memberi perhatian lebih pada cabang Sepak Takraw yang kini sudah beranggotakan 25 atlet,” pungkasnya. (*)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *