oleh

Wisata Batu Gamelan, Wisata Terbaru di Kabupaten Batang

Laporan Sylvia Liliana Agustina, Portal Batang

TRAVEL – Wisata Batu Gamelan di Kabupaten Batang Jawa Tengah, atau lebih tepatnya terletak di Dukuh Margosari, Desa Toso, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang  ini merupakan tempat Wisata terbaru di Batang yang Wajib anda kunjungi ketika berada di Kabupaten Batang.

Mengapa harus wajib di kunjungi? Karena selain berwisata, nilai sejarah dan pesona keindahannya tidak ada duanya. Batu Gamelan ini berupa gundukan batu – batu besar yang merupakan peninggalan dari zaman Megalitikum.


Gundukan batu-batu besar tersebut berada di kaki sebuah bukit yang di sekitarnya pula terhampar area persawahan hijau nan subur.

Tidak jauh dari situ, terdapat pula Batu Lawang (Lawang=Pintu) yang berukuran besar dan lebar seperti halnya berbentuk pintu serta Goa – goa peninggalan zaman nenek moyang yang tersebar areal lokasi wisata batu gamelan di Kabupaten Batang  ini.

Gundukan batu – batu besar yang menempati areal 600 meter persegi tersebut tidak berbentuk gamelan tetapi bisa mengeluarkan bunyi seperti gamelan pada umumnya.

Bebatuan yang ada di Wisata Batu Galeman Kecamatan Bandar  Kabupaten Batang  ini memiliki bunyi  nada yang berbeda – beda ketika dipukul dengan keras akan menghasilkan suara yang nyaring terdengar sampai ratusan meter.

Tidak dipungkiri juga, walaupun akses (jalan) menuju lokasi wisata tersebut belum sepenuhnya mendukung namun dengan keramah-tamahannya warga setempat, setiap wisatawan yang akan berkunjung akan diantar oleh warga setempat dengan biaya Rp 0 alias gratis.

Karena jarak lokasi Wisata Batu Gamelan Kecamatan Bandar  Kabupaten Batang  ini dengan pemukiman warga sekitar 1 Km dengan melewati areal persawahan terlebih dahulu. (*)

Loading...

Komentar

Index Berita