oleh

Hari Ini, Pantura Batang Bakal Macet 8 Jam Ini Jalur Alternatifnya

-BATANG-Dibaca 1.414 Kali
Laporan Ahmad Nurfaqom, Portal Batang

 PORTALBATANG.COM, Batang – Jalur pantai utara (pantura) Kabupaten Batang akan mengalami gangguan hingga delapan jam yang rencananya dimulai pukul 07.00 wib pada kamis,(25/05/17).

Hal itu diungkapkan langsung Kasat Lantas Polres Batang, AKP Adil Aristo. “Akan ada pemasangan girder (balok jembatan) di daerah Kandeman,” terangnya.

Pembangunan jembatan fly over sebagai bagian dari jalur tol wilayah Kandeman, Batang, tengah memasuki tahap pemasangan balok penghubung jembatan atau yang biasa disebut girder. Akan ada 12 buah balok yang dipasang, dan membentang sepanjang 50,8 meter.

Pantura Batang
Pemasangan girder atau balok jembatan fly over tol Batang Jawa Tengah,

BACA : Ini Jalan Alternatif Lewati Penututupan Pantura Batang

Aktivitas tersebut dipastikan akan membuat arus lalu lintas jalur pantura terganggu, terutama untuk wilayah Batang.

Sebagai gambaran, Pemasangan tiap balok membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Maka, dibutuhkan waktu setidaknya delapan jam untuk memasang total 12 balok.

“Delapan jam itu paling cepat,” tutur Adil usai menghadiri rapat persiapan pemasangan girder tersebut, Senin (22/5/2017).

BACA : Ini Jalan Alternatif Lewati Penututupan Pantura Batang

Adil menerangkan, pemasangan akan dilakukan per tiga balok. Pada saat itu, jalur pantura Batang akan sepenuhnya ditutup selama dua jam.

Selanjutnya akan dibuka selama sejam saat pengelasan, lalu ditutup lagi dua jam untuk tiga girder berikutnya.”Begitu seterusnya,” papar Adil.

BACA : Ini Jalan Alternatif Lewati Penututupan Pantura Batang

Lebih lanjut Adil mengungkapkan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan dan pelaksana proyek akan meninjau lokasi pengalihan arus, Selasa (23/5/2017).

Potensi Macet

Adil menilai, jalur pantura hampir bisa dipastikan akan mengalami kemacetan yang lumayan. Pemasangan yang bertepatan dengan hari libur dan menjelang akhir pekan, menurutnya, membuat potensi macet mejadi lebih besar.

Untuk itulah, dirinya menghimbau, bagi siapapun yang berniat melintas di Batang, sebaiknya memilih rute lain, agar tidak terjebak kemacetan.

“Coba gunakan jalur selatan,” sarannya. (*)

Penulis : Ahmad Nurfaqom
Editor : Novita Dwi Rizky

 

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed