oleh

Timbulkan Bau Menyengat, Produk Pakan Ayam di Gringsing Batang ini di Kecam Warga

-BATANG, DAERAH-Dibaca 793 Kali
Laporan Zaenal Arifin, Portal Batang
Pakan Ternak Gringsing
Pakan Ternak Gringsing

PORTALBATANG.COM – Produk pakan ternak Ayam di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang ini Bikin tidak nyaman warga setempat dan sekitarnya.

Ialah Joko Iriatmo (56) menjalani usaha pengeringan bulu-bulu ayam sejak 17 tahun. Usaha tersebut menghasilkan bahan untuk pembuatan pelet untuk pakan ayam.


Adapun tempat pengeringan bulu-bulu tersebut terletak di jalan lingkar Gringsing Kabupaten Batang.

BACA JUGA  Warga Poncol Nekat Mencuri di Minimarket Samping KUA BATANG Akhirnya....

Dia mendapatkan bulu-bulu tersebut dari tempat pemotongan ayam yang berada di pasar-pasar terdekat.

Adapun, proses pengeringannya yaitu bulu yang sudah diperoleh kemudian dijemur di bawah terik matahari selama 1 hari ketika cuacanya panas.

Setelah proses pengeringan selesai kemudian dikirim ke pabrik yang berada di Kota Solo Jawa Tengah dengan memakai truk, kemudian bahan tersebut digiling hingga menjadi tepung, bahkan biasanya bulu-bulu dikirim hingga 5-8 ton.

“Biasanya saya kirim bulu-bulu capai hingga 8 ton,” ungkapnya, Selasa (9/5/2017).

Dia menceritakan proses dari bahan tersebut mengeluarkan bau yang sangat menyengat hingga menusuk hidung. Hal itu karena bahan tersebut tidak hanya bulu yang dijemur namun ada daging dan tulang yang turut dijemur.

Dari proses pembuatan pelet itu menyebabkan pengendara sepeda motor merasa terganggu saat melewati area jalan tersebut. Mereka akan mencium bau yang sangat menyengat, sehingga para pengendara sepeda motor dan mobil akan terganggu indera penciumannya.

BACA JUGA  Jelang Ramadhan, Polsek Gringsing Batang Amankan Belasan Miras di Warung Remang - remang

Selain itu, banyak juga warga yang sering meresahkan hal itu. Seperti yang dialami Nahnuddin (27) yang sehari-harinya melewati
jalan tersebut.

“Baunya sangat tidak enak sekali, saya ketika mau mendekati tempat pengeringan tersebut siap-siap menahan nafas sebentar sampai melewati tempat tersebut, kita juga agak risih dan mengecam harusnya di tutup apa di apapkan gitu” ujarnya, Selasa (9/5/2017) (*)

Penulis : Zaenal Arifin
Editor : Novita Dwi Rizky
Loading...

Komentar

Index Berita