oleh

30 KUBE Di Batang Dapat Kucuran Dana 1,2 MILIAR

-BATANG, DAERAH-Dibaca 285 Kali

PORTALBATANG.COM, BATANG – Sebanyak 30 KUBE (Kelompok Usaha Bersama) di wilaya kabupaten Batang tepatnya di dua kecamatan yakni Kecamatan Warungasem dan Kecamatan Subah mendapatkan Kucuran dana 1,2 Miliar.

“Tahun ini Kabupaten Batang mendapatkan kucuran dana dari kemetrian sebesar Rp 1,2 miliar yang diperuntukan bagi 30 kelompok di dua Kecamatan,” ungkap Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin di Dinas Sosial Kabupaten Batang, Tatang Sontani, saat menyerahkan bantuan tersebut di Aula Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Kamis (27/7/17) siang.

KUBE
Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin di Dinas Sosial Kabupaten Batang, Tatang Sontani, di Aula Kecamatan Warungasem, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada dua perwakilan Kube yang ada di Desa Masin dan Desa Cepagan

Tatang menyebutkan, dalam proses kucuran dana tersebut, terdiri dari 20 KUBE Kecmatan Subah dan 10 KUBE di Kecamatan Warungasem. Namun khusus 10 KUBE yang berdomisili di Kecamatan Warungasem dan 5 KUBE di Desa Cepagan dan Masin.

BACA JUGA  Calon Bupati Batang Lafran-Urip Ajak PAC dan Randing PDI-P Rapatkan Barisan

“Masing-masing Kube akan menerima bantuan modal sebesar Rp 20 juta untuk 10 orang anggota yang nantinya akan dijadikan modal awal membuka usaha produktif,” terang Tatang.

Untuk  menjadi anggota KUBE penerima bantuan ini ada syarat yang wajib dipenuhi. Salah satunya yakni terdaftar sebagai warga miskin di database nasional secara resmi.

“Nantinya dengan adanya bantuan modal untuk usaha bersama ini diharapkan mereka yang tergolong miskin ini meningkat kesejahteraanya dan mampu lepas dari jerat kemiskinan sehingga bisa naik kelas untuk tidak lagi terdaftar sebagai warga miskin serta yang tadinya warga miskin yang tidak masuk data base bisa secara gantian masuk,” beber Tatang.

BACA JUGA  KPU Batang Fasilitasi Bahan Kampanye dan APK ke Tiap Paslon PILKADA

Di Kabupaten Batang sendiri ada 283.908 tercatat secara resmi sebagai warga miskin yang perlu di perhatikan.

Dinas Sosial Kabupaten Batang sendiri optimis untuk selau menurunkan angka tersebut agar tidak menjadi momok bagi PEMDA Kabupaten Batang.

“Kita tadi sertakan juga penandatanganan pakta integritas kepada peserta Kube untuk benar-benar merintis usaha dengan benar dengan mengenyampingkan mindsite atau pemikiran bahwa ini uang negara sehingga menjadi tidak bertanggungjawab,” Tandas Tatang. (*)

Editor : Novika Dwi Rizky

 

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed