Dadirejo Kajen Pekalongan Menjadi Kampung KB Mandiri Pertama di Jawa Tengah

oleh

PORTALBATANG.ID, PEKALONGAN – KAJEN – Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di Kabupaten Pekalongan terus berlanjut. Kali ini Desa Dadirejo Kecamatan Tirto adalah satu-satunya desa dan kali pertama di Jawa Tengah yang melakukan pencanangan kampung KB secara Mandiri.

Pencanangan Kampung KB Mandiri Desa Dadirejo ini dilaksanakan di RW 8 Dukuh Suruh Desa Dadirejo Kecamatan Tirto. Senin (12/2/2018).

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Ibu Dra Hj. Munafah Asip Kholbihi menyampaikan apresisasi kepada Kepala Desa Dadirejo, masyarakat Desa Dadirejo dan Mahasiswa Tim 1 KKN Universitas Diponegoro yang telah mencanangkan Desa Dadirejo menjadi Kampung KB Mandiri.

KB
Kampung Dadi Rejo Kampung KB Pertama di Jawa Tengah

“Pencanangan kampung KB ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo guna percepatan peningkatan kesejahteraan keluarga dan dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,”ujar Ny. Munafah.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan menjelaskan bahwa Program Kampung KB dikemas dengan pendekatan penggarapan KB dari pinggiran, sesuai Nawa Cita Presiden Jokowi, khususnya cita ketiga, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

“Saya berharap dengan pembentukan kampung KB secara mandiri ini bisa memberikan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” terangnya.

BACA JUGA  Jelang Pilgub 2018, Kapolsek Doro Silaturahmi ke Wilayah Doro Pekalongan

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (PMD P3A dan PPKB) – Muhammad Afib. S.Sos menyampaikan bahwasannya sesuai informasi yang diterimanya bahwa di tingkat Jawa Tengah Kampung KB Mandiri sampai saat ini hanya ada di Desa Dadirejo Kecamatan Tirto.

“Kami harap mudah- mudahan bisa menjadi kiblat untuk wilayah Kabupaten Pekalongan dan bisa menjadi rintisan bahkan menjadi wisata kampung KB untuk rujukan Kabupaten lain di Jawa Tengah,” terang Afib.

Pencanangan Kampung KB Mandiri Desa Dadirejo Kecamatan ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Dra Hj. Munafah Asip Kholbihi yang didampingi Kepala Dinas PMD P3A dan PPKB Muhammad Afib, S.Sos., TP PKK Kabupaten Pekalongan, Camat Tirto Budi Raharjo AP, Danramil Tirto, Polsek Tirto, Kepala Puskesmas Tirto 1 dan 2, Kepala Desa se-Kecamatan Tirto, dan tamu undangan serta tokoh masyarakat Desa Dadirejo.(*)

 

Editor : Zaenal Arifin