8 Makanan Khas Pekalongan Paling Enak dan Lezat

oleh
Makanan Khas Pekalongan
Pindang tetel krupuk usek - Makanan Khas Pekalongan

KULINER PEKALONGAN – Halo guys, bertemu lagi dengan Shinta Agustina Utomo yaaa. Kali ini Saya mewakili Portal Batang akan sedikit mengulik tentang kuliner atau makanan khas Pekalongan yang paling enak dan populer. Memang ya pekalongan menjadi salah satu tempat wisata malam yang sangat bagus.

Jadi bagi kamu yang akan bekunjung ke pekalongan bisa mencari beberapa referensi menu kuliner pekalongan yang sangat enak dan lezat tentunya.

Lewat lagunya Slank, Pekalongan pernah ada pada lirik lagu yang berjudul “Sosial Betawi Yoi”. Pekalongan memang sangat terkenal dengan batiknya. Selain batik, kuliner Pekalongan juga sangat menggugah selera.

Karena letaknya di pesisir pantai, dan bahkan ada masakan khas dari Pekalongan yang menggunakan menu ikan laut .

Bagi kamu yang sedang berwisata ke Pekalongan, wajib menikmati makanan khas Pekalongan yang sangat terkenal enaknya.

Kuliner khas Pekalongan memang memiliki cita rasa tersendiri, sehingga tak heran jika makanan khas dari Pekalongan ini menjadi kuliner yang sangat di andalkan oleh masyarakat lokal maupun wisatawan luar daerah yang sedang berkunjung ke Pekalongan.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Pekalongan, mungkin ada salah satu dari kamu yang belum mengetahui apa saja menu kuliner Pekalongan yang paling enak dan popler.

Maka disini Shinta melalui Portal Batang akan memberikan beberapa ulasan mengenai beberapa daftar menu makanan khas dari Pekalongan. Inilah beberapa menu kuliner Pekalongan yang paling enak dan populer yang wajib kamu coba.

Makanan Khas Pekalongan Paling Enak dan Lezat

Makanan Khas Pekalongan
Pindang tetel krupuk usek – Makanan Khas Pekalongan

1. Pindang Tetel Krupuk Usek Khas Pekalongan

Salah satu makanan khas Pekalongan yang wajib kamu coba kelezatannya kali ini adalah pindang tetel. Makanan tradisional Pekalongan ini sangat lezat karena di dalamnya terdapat tetelan daging sapi serta beraroma wangi karena adanya irisan daun bawang.

Bumbu yang digunakan untuk pindang tetel ini terdiri dari kluwak yang dicampur dengan aneka rempah khas Indonesia.

BACA JUGA  "Kopi Silurah", Harum dan Sedapnya Kopi Buatan Tangan Dari Pelosok Batang

Makanan khas Pekalongan ini juga diberi kerupuk warna warni agar semakin nikmat, biasanya bewarna kuning atau merah dan digoreng dengan pasir.

Nah jika kamu ingin mencoba merasakan pindang tetel ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di Kecamatan Kedungwuni atau jika mau yang lebih asli datang saja ke Desa Ambokembang yang banyak menjual makanan ini.

Makanan Khas Pekalongan
Soto Tauto – Makanan Khas Pekalongan

2. Tauto atau Soto Tauco Khas Pekalongan

Makanan khas Pekalongan lainnya yang tidak kalah enak dan terkenalnya ini adalah tauto atau soto tauco. Tauto ini sebenarnya sejenis soto namun menggunakan bumbu tauco sebagai bahan penyedap utamanya.

Tauco yang digunakan adalah tauco yang berasa manis. Isi masakan khas Pekalongan ini terdiri dari daging sandung lamur, emping dan telur rebus.

BACA JUGA  Rahasia Bakso Doa Ibu Semarang, Harga Tergolong Mahal Tapi Tak Pernah Sepi Pengunjung

Penyajian makanan khas Pekalongan ini akan semakin nikmat dengan taburan bawang goren, perasan jeruk nipis dan potongan daun seledri, mie bihun, bawang merah dan kuah soto baru kemudian ditambah kuah tauto, yaitu kedelai yang terlebih dahulu dimasak baru kemudian dihaluskan.

Hal inilah yang membuat citarasa soto Tauco khas Pekalongan sangat nikmat.

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *