Saling Ejek, Lapas Rutan Pemalang Kelas IIB Rusuh 9 Pintu Jebol 2 Terluka

oleh
Kerusuhan Rutan Kelas IIB Pemalang
Kerusuhan Rutan Kelas IIB Pemalang. (Photo : Jawa Post)

PORTALBATANG.ID, PEMALANG – Kerusuhan terjadi di Rutan Kelas IIB Pemalang, Jawa Tengah, pada Minggu (8/7) malam. Kerusuhan tersebut menyebabkan dua napi terluka dan harus menjalani perawatan di Rumah Sakit dr Asharu Pemalang.

Kabag Humas Ditjenpas Ade Kusmanto mengatakan, ada sembilan pintu kamar napi jebol akibat kerusuhan yang terjadi. Selain itu, pintu tiga pengamanan rutan juga dijebol oleh ratusan napi, yang keluar dari sembilan kamar yang telah jebol tersebut.

“Selain menjebol sembilan pintu kamar napi, napi juga sempat merusak fasilitas yang ada seperti kaca di ruang kerja sipir,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, kejadian bermula dari dua napi narkoba di kamar 11 terlibat cekcok dengan alasan salah paham.

Tiba-tiba sekitar enam orang menyerang dengan menggunakan alat berupa sikat yang diruncingkan sehingga mengakibatkan dua korban terluka.

BACA JUGA  Siang Ini Batang Akan di Guyur Hujan, Ini Prediksi Dari BMKG Pusat...

Korban terluka atas nama Risky Hikmatullah mengalami luka sobek pada kepala terkena sikim (sikat gigi ditajamkan) dan Imam Faturohman mengalami luka pada jidad dan tangan kiri.

Melihat ada dua korban terluka, napi lain yang berada di dalam kamar segera memanggil petugas sipir untuk membawa korban ke rumah sakit.

Karena lamanya pertolongan akhirnya napi lainnya berontak dan membuat kerusuhan dengan cara menjebol pintu kamar.

Setelah berhasil menjebol satu pintu kamar, puluhan napi dari kamar 11 kembali menjebol delapan pintu kamar lain.

BACA JUGA  MEMBABI BUTA, PSIP Pemalang Menang 3 Point Lawan PSD Demak

Sehingga akibat kerusuhan tersebut sembilan pintu kamar napi jebol. Ratusan napi dari sembilan kamar tersebut juga berhasil menjebol pengamanan di pintu tiga dan memecahkan semua kaca yang ada di ruangan sipir.

Sementara itu, selain dua napi terluka, akibat kerusuhan tersebut sebanyak 17 napi harus dievakuasi atau dipindahkan ke Lapas Kabupaten Tegal dan Brebes. Tujuh napi dievakuasi ke Lapas Brebes dan 10 napi di Lapas Tegal. 17 napi tersebut diduga menjadi provokator kerusuhan.

Jumlah penghuni rutan kelas IIB Pemalang sebanyak 253 napi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 50 napi kasus narkoba pindahan dari LP Cipinang, dan 20 napi pindahan dari lapas kelas IIA Pekalongan. Saat ini di rutan kelas IIB Pemalang dibantu pihak kepolisian sudah aman dan kondusif. Sejumlah petugas bersenjata dari Polres Pemalang disiagakan. (*)

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *