NGERI! Grider Jembatan Kalikuto Jatuh, PT Waskita Tetap Optimis

oleh

PORTALBATANG.ID, BATANG – PT Waskita Karya selaku kontraktor pembangunan jalan tol Batang-Semarang optimistis pekerjaan selesai sesuai kontrak yang telah disepakati, yakni September 2018.

Peristiwa jatuhnya dua cross girder Jembatan Pelengkung Kali Kutho pada Jumat (13/7) malam dipastikan tidak akan menyebabkan molornya penyelesaian pembangunan Tol Trans Jawa tersebut.

Senior Vice President Divisi III PT Waskita Karya, Dono Parwoto, mengatakan, sesuai kontrak, tol Semarang-Batang selesai September 2018.

Dia optimistis, peristiwa jatuhnya girder tersebut tidak mempengaruhi target yang telah ditentukan dalam kontrak kerja.

kalikuto waskita
BELUM DIEVAKUASI: Dua cross girder yang jatuh ke Kali Kutho hingga kemarin belum dievakuasi. Kontraktor masih menunggu kedatangan crane untuk mengevakuasi girder tersebut. (Foto: Rosyid Yudho/SM)

‘’Seharusnya tol bisa selesai Juli atau Agustus. Dengan kejadian tersebut, saya perkirakan hanya molor dua pekan, sehingga September sudah selesai,’’ katanya, kemarin.

Manajer Proyek PT Waskita Karya Batang-Semarang, Muhammad, menambahkan, dua cross girder yang jatuh ke Kali Kutho tersebut, tidak mengalami kerusakan yang parah. Sejumlah komponen utama masih dalam kondisi normal.

BACA JUGA  Meriahnya Tahun Baru di BATANG Walau Grimis Hujan

‘’Sudah kami periksa, tidak terdapat kerusakan yang fatal pada cross girder. Seluruh komponen utama masih baik,’’ tuturnya.

Meski begitu, PT Waskita Karya bakal melakukan pemeriksaan lebih mendetail apakah girder tersebut masih layak digunakan atau tidak. Meski secara pandangan mata masih baik, tetapi bisa saja terjadi permasalan pada elevasi dan presisinya.

 

‘’Kondisi itu akan menentukan apakah cross girder tersebut bisa digunakan kembali atau tidak,’’ jelas Muhammad.

Terkait evakuasi girder tersebut, dia menyatakan, prosesnya sudah mencapai sekitar 50 persen. Dirinya menargetkan empat hari ke depan girder sudah kembali terpasang.

‘’Kami masih menunggu kedatangan satu crane untuk mengevakuasi girder tersebut,’’ kata dia. (*)

Penulis : Rosyid Yudho
Sumber : SM
Editor : Portal Batang
Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *