Aktor Hollywood Matt Damon ke Batang Cuma Lihat Jamban?

oleh
matt damoin
Aktor Matt Damon (paling kiri) melihat jamban warga saat berkunjung ke Batang, belum lama ini. (Photo: Solopos.com/Istimewa/Portalbatang.id)

PORTALBATANG.ID, BATANG – Aktor film ternama asal Amerika Serikat Matt Damon mengunjungi Kabupaten Batang, Senin (9/7). Ditemani CEO Water.org Gary White dan Direktur Pusat Koperasi Mitra Dhuafa (Komida) Sugeng, Matt Damon menghadiri pertemuan pusat Komida di Desa Kertosari, Kabupaten Batang.

Mereka bertemu dengan 15 klien Komida untuk bicara tentang pentingnya air bersih dan sanitasi.

Mereka juga mendengarkan beberapa cerita anggota Koperasi Komida tentang air dan sanitasi yang bisa mengubah hidup mereka lebih baik.

Ketiganya berkesempatan datang ke salah satu rumah anggota Komida, Wanuti (35).

BACA JUGA  KPU Batang Fasilitasi Bahan Kampanye dan APK ke Tiap Paslon PILKADA

Ibu tiga anak ini bersemangat untuk menunjukkan kepada Gary White dan Matt Damon toilet barunya yang dapat dibangun oleh pinjaman sanitasi Komida.

Sudah bertahun-tahun Wanuti dan tiga anaknya harus antre untuk mandi dan buang hajat di kamar mandi umum.

‘’Berkat kredit sanitasi yang diberikan Komida, saya dan keluarga kini punya jamban dan kamar mandi layak yang dibangun dan dihasilkan atas usahanya sendiri,” ujar Wanuti.

Setelah mengunjungi Desa Kertosari, mereka melanjutkan perjalanan ke Desa Denasri Kulon bertemu dengan Direktur PDAM Batang, Yulianto. PDAM Batang telah bermitra dengan Water.org sejak 2016.

Hingga saat ini, PDAM Batang memiliki 41.527 sambungan rumah tangga.

Dengan dukungan Water.org, PDAM Batang menargetkan 2.900 sambungan baru dan mereka telah melampaui target dengan menjangkau 3.457 rumah tangga baru.

BACA JUGA  Melanggar Lalin Sering Sebabkan Kecelakaan, Batang Gelar Operasi Zebra Candi 2016

Di Denasri Kulon, mereka mengunjungi beberapa pelanggan PDAM Batang. Salah satunya adalah Suntoro, seorang pekerja konstruksi.

” Kualitas kehidupan keluargan kami meningkat sejak menggunakan sambungan air dari PDAM Batang melalui program WaterConnect-nya,” kata Suntoro.

Dari Denasri Kulon, perjalanan dilanjutkan ke Desa Selopanjang Barat. Mereka mengunjungi pesantren tradisional, Sabillun Najah.

Bagi Matt Damon dan Gary White, mengunjungi pesantren adalah pengalaman mengesankan. Mereka berbincang dengan beberapa santri, terutama tentang arti penting kebersihan dan sanitasi bagi kehidupan mereka.

Loading...

Komentari - Centang untuk Berbagi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *