oleh

KKN UNDIP : Hidupkan dan Giatkan Kembali Pendirian Koperasi Kerupuk Kelurahan Karangasem Selatan

PORTALBATANG.ID, BATANG – Berbagai permasalahan, mulai dari minimnya kapasitas penyerapan permintaan, risiko persaingan, hingga rigiditas tingkat harga bahan baku, menjadi hambatan serius dalam mengoptimalkan potensi produksi kerupuk di Dukuh Kabundelan, Karangasem Selatan (25/1).

Permasalahan utama yang sangat membebani pengusaha kerupuk salah satunya adalah tingkat harga bahan baku yang terus menerus mengingkat dan tidak stabil. Koperasi dapat menjadi solusi ditengah permasalahan yang dihadapi oleh para pengusaha kerupuk


Melalui koperasi, para pengusaha kerupuk dapat memiliki daya tawar dalam pembelian bahan baku karena pembelian secara kolektif. Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Undip 2019 berinisiatif untuk melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat, khususnya para pengusaha kerupuk di Dukuh Kabundelan, sekaligus memfasilitasi jembatan aspirasi para pengusaha kerupuk dengan pihak kelurahan untuk menginisiasikan pendampingan pendirian koperasi yang menghimpun para pengusaha kerupuk Kelurahan Karangasem Selatan.

BACA JUGA  FOTO : Penyerahan Hibah Tanah Pemkab Batang ke UNDIP

Penyuluhan diadakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai peran koperasi dalam pemecahan masalah yang dialami oleh para pengusaha kerupuk. Antusiasme peserta sungguh luar biasa.

Selepas diberikannya materi penyuluhan terkait peran koperasi oleh mahasiswa KKN, para pengusaha yang hadir langsung meminta pembinaan dan pelayanan langsung oleh pihak kelurahan yang nantinya menjembatani pendirian koperasi.

KKN UNDIP Karangasem Selatan Batang
Salah satu warga Karangasem Selatan, Kabupaten Batang sedang bertanya pada Tim KKN UNDIP 2019

Dari pihak kelurahan pun sangat mendukung langkah tersebut dan menyatakan siap untuk mendampingi secara aktif dalam pendirian koperasi yang menghimpun para pengusaha kerupuk tersebut. Komitmen pemerintah kelurahan dalam mendampingi pendirian tersebut tertuang pula secara resmi dalam surat pernyataan komitmen pendampingan dengan perwakilan pengusaha kerupuk.

BACA JUGA  Bhabinkamtibmas Patroli di Desa Kumesu Reban Batang Guna Antisipasi Radikalisme dan Terorisme

Koperasi menjadi harapan baru yang muncul ditengah permasalahan-permasalahan yang menghambat pemanfaatan potensi produksi kerupuk secara optimal. Ibu Suratno (25/1), salah satu pengusaha kerupuk, mengatakan bahwa, “koperasi dapat menjadi harapan baru bagi pengusaha kerupuk di Dukuh Kabundelan, dan kami butuh peran aktif dari pihak kelurahan.”

Selain itu Ibu Fining, pimpinan pemerintah kelurahan, mengatakan bahwa, “dalam waktu dekat, pihak kelurahan akan mendampingi secara intensif untuk pendirian koperasi, dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelurahan Karangasem selatan.”

Penulis: KKN Undip Tim I Kelurahan Karangasem Selatan, Kecamatan Batang

Loading...

Komentar

Index Berita