oleh

Batang Smart City, Wihaji Gencarkan Bimbingan Menuju 100 Smart City

-BATANG-Dibaca 222 Kali

PORTALBATANG.ID,  BATANG – Sebagai langkah tindak lanjut antara Pemerintah Kabupaten Batang dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkomimfo), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang, menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tahap I Gerakan Menuju 100 Smart City yang diikuti 44 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 50 Kepala Desa di Aula Kantor Bupati Kabupaten Batang, Senin (16/7).

Bupati Batang, Wihaji dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Batang merupakan salah satu dari 50 Kabupaten/Kota yang di tahun 2018 mendapat pendampingan dalam pengembangan Smart City.


Pemkab juga mengundang OPD terkait, stakeholder dan beberapa komunitas yang akan bekerja sama dalam pengembangan teknologi Smart City.

BACA JUGA  TERCYDUK! Inilah Sosok GEMBONG Narkoba di Lapas Pekalongan Yang Dibekuk Polres Batang

“Tanpa kerja sama dari semua itu, rencana realisasi Gerakan Menuju 100 Smart City tidak akan mendapat hasil yang maksimal,” tutur Bupati Batang.

Sosialisasi ini, lanjut Bupati Batang, bertujuan untuk menggali segala kebutuhan dan pelayanan yang diperlukan masyarakat.

Smart City bukan berarti harus memperbanyak aplikasi, tapi sebuah teknologi yang bisa melayani masyarakat dengan lebih efektif, efisien, dan sederhana.

BACA JUGA  Heboh !! PEDAGANG SAYUR CANTIK Sosialisasikan Pilkada Batang 2017

Smart City harus memperbanyak investasi, membantu pertumbuhan perekonomian dan berpartisipasi mengembangkan destinasi pariwisata.

Tiga hal ini merupakan bagian terpenting dalam pengembangan Smart City.

Lebih lanjut Bupati Batang menerangkan, di bidang Pariwisata maka, destinasi wisata yang ada di Kabupaten Batang bisa dilihat semuanya.

Di bidang investasi, nantinya para investor akan lebih mudah mengetahui situasi dan kondisi daerah sebelum menanamkan modalnya.

Serta pelayanan perekonomian bagi masyarakat semakin baik dan cepat.

“Selama kurang lebih satu bulan Pemkab Batang melalui Diskominfo akan menyelenggarakan 4 kali sosialisasi dan bimbingan teknis,” ungkap Bupati Batang, Wihaji.

Menurut Bupati Batang, untuk menanggulangi kendala dari dalam harus ada persepsi dan semangat yang sama. Tidak selamanya membangun Smart City identik dengan penggunaan anggaran yang tinggi.

BACA JUGA  "Patriotik", Inilah Semangat Jiwa Ratusan Pemuda Penapak Tilas Perjuangan

Kepala Diskominfo Jamal Abdul Naser menambahkan, Smart City tidak hanya tentang teknologi dan Informasi, tapi ada pula program teknologi informasi, non teknologi informasi dan hybrid (gabungan IT dan Non-IT).

Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tahap I, Gerakan Menuju 100 Smart City dihadiri Bupati Batang Wihaji, Sekda Nasikhin, Kepala Diskominfo Jamal Abdul Naser, Wakil ketua DPRD Batang Nur Untung Slamet, Perwakilan Kementerian Kominfo RI Mellawaty dan Pendamping Gerakan Smart City Windy Gambetta. (*)

Sumber : Kabupaten Batang
Editor : Portal Batang
Loading...

Komentar

Index Berita