PEMALANG, Portal Batang ID – Puskesmas Kebondalem menggelar Forum Komunikasi Publik (FKP) yang dihadiri berbagai elemen masyarakat dan pejabat lintas sektoral di Aula Lantai 2 Puskesmas Kebondalem, Jumat (26/9/2025). Forum ini bertujuan mencari solusi atas berbagai permasalahan layanan yang dihadapi puskesmas.
Salah satu keluhan utama yang mencuat dalam forum tersebut adalah minimnya lahan parkir. Kondisi ini memaksa pasien dan pengunjung untuk parkir di badan jalan, yang tentu saja mengganggu lalu lintas dan kenyamanan.

Kepala Puskesmas Kebondalem, dr. Noor Faizah Maenofie, menjelaskan bahwa FKP ini diadakan untuk menjembatani komunikasi antara pihak puskesmas dan masyarakat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan masukan dan solusi terkait peningkatan kualitas layanan, terutama terkait sarana dan prasarana yang masih menjadi kendala.
"Kami mengundang berbagai pihak terkait, mulai dari akademisi, Dinas Kesehatan, Dinsos KBPPA, perwakilan sekolah, kepala desa/lurah, hingga perwakilan masyarakat. Fokus utama kita adalah mencari solusi untuk masalah parkir yang banyak dikeluhkan," ungkap dr. Noor Faizah.
Sebagai solusi jangka pendek, pihak puskesmas berencana untuk mengoptimalkan peran Puskesmas Pembantu (Pustu) Kebondalem. Sebagian pasien akan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan di Pustu terdekat, dengan harapan dapat mengurangi kepadatan pasien di Puskesmas Kebondalem dan mengurangi beban lahan parkir.
"Penambahan tempat duduk di ruang tunggu tidak memungkinkan karena keterbatasan lahan. Namun, kami terus berupaya meningkatkan sarana software dan hardware untuk mempercepat kinerja pelayanan, sehingga antrean pasien tidak menumpuk," pungkasnya.